Rabu, 04 Oktober 2017

6 Kekuatan Super Yang Dimiliki Manusia Tapi Tak Kamu Sadari

Ilustrasi (foto: centraltest.com)

Manusia merupakan salah satu keajaiban terbesar alam. Banyak hal yang belum diketahui tentang manusia, baik dari tubuh, pikiran, dan perasaan. Apa yang sudah ditemukan ilmuwan atau dokter tentang manusia, itu hanyalah sedikit dari sebagian besar kemampuan manusia.

Namun menurut beberapa penelitian sejauh ini, manusia ternyata memiliki banyak kemampuan seperti superhero. Sayangnya tidak semua manusia bisa menggunakan kemampuan super tersebut dan hanya orang-orang beruntung saja yang bisa menggunakannya. Meskipun demikian, tapi ada juga kemampuan super yang tak sadar selalu Anda gunakan setiap harinya.

Dilansir Wow Menariknya dari Brightside.me, berikut kemampuan-kemampuan super yang dimiliki manusia, tapi tidak pernah kamu sadari sebelumnya.

1. Kapasitas penyimpanan memori otak manusia sama dengan 1 petabyte (1.000 terabyte)

(foto: Brightside.me)

Para ilmuwan dari Universitas Texas menemukan bahwa satu sinaps (ruang antara neuron) memiliki kapasitas penyimpanan 4,7 bit. Setelah mengetahui seluruh jumlah sinapsis, ternyata kapasitas penyimpanan otak sama dengan 1 petabyte,10 kali lebih banyak dari yang diperkirakan sebelumnya.

2. Manusia memiliki lebih dari lima indera

(foto: Brightside.me)

Kita semua tahu kalau manusia hanya memiliki lima indera, yaitu rasa, penglihatan, sentuhan, bau, dan pendengaran. Tapi sebenarnya manusia memiliki indera lebih banyak dari itu. Menurut ilmuwan, manusia memiliki 9 sampai 20 indera, seperti thermoception (rasa kehangatan), kesetimbangan (rasa seimbang), dan proprioception (memahami posisi tubuh orang lain). Dan yang lebih penting adalah indera keenam di mana kita mampu mendeteksi sesuatu yang tidak terlihat oleh kasat mata.

3. Mata tertutup saat bersin agar tidak membiarkan bakteri masuk

(foto: Brightside.me)

Banyak orang berpikir bahwa tidak mungkin membuka mata mereka pada saat bersin karena mereka akan meledak dari tengkorak. Namun kebenaran mengatakan sebaliknya. Walaupun sulit untuk bersin dengan mata terbuka, tapi itu tetap mungkin. Meskipun demikian, ternyata seseorang bersin menutup matanya karena untuk melindungi mereka dari invasi bakteri yang mungkin terjadi.

4. Anda 0,4 lebih tinggi di pagi hari daripada di malam hari

(foto: Brightside.me)

Pada siang hari saat kita dalam posisi vertikal, cakram intervertebralis kita menjadi lebih tipis dan lebih keras karena adanya tekanan berat. Namun saat kita tertidur, cakram kembali ke ukuran dan keadaan normal. Itulah alasan mengapa Anda sedikit lebih tinggi di pagi hari.

5. Paru-paru manusia luasnya sama dengan lapangan tenis

(foto: Brightside.me)

Paru-paru, baik yang kiri dan kanan, keduanya mengandung sel udara, formasi gelembung yang berperan dalam pertukaran oksigen. Jika semua sel udara tersebut disatukan, luasnya sama dengan lapangan tenis.

6. Tulang manusia jauh lebih keras dari pada beton

(foto: Brightside.me)

Anda pasti tahu betapa kerasnya beton? Namun tulang manusia jauh lebih keras dari beton. Tulang manusia terbuat dari bahan komposit, yang keras dan elastis. Tulang manusia terdiri dari kalsium hidroksilapatit (60%) dan kolagen yang membuatnya sangat kuat.
by Hanna Yuliana
Rabu, 04 Oktober 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X