Jumat, 06 Oktober 2017

5 Penyakit Yang Akan Kamu Derita Jika Malas Memakai Masker Penutup Hidung


Kendaraan bermotor di Indonesia saat ini semakin tak terhitung jumlahnya. Hal tersebut dikarenakan dengan memiliki kendaraan bermotor sendiri akan lebih efisien dalam waktu untuk mencapai lokasi tujuan. Dan tentu dengan bertambahnya kendaraan bermotor, maka polusi udara pun semakin bertambah.

Demi melindungi diri dari polusi udara yang ada, maka Anda dianjurkan untuk memakai masker penutup hidung. Meskipun masker penutup hidung digunakan demi kenyamanan dalam beraktifitas di udara terbuka, masih ada saja beberapa orang yang enggan menggunakannya. Berikut merupakan bahaya yang bisa menyerang Anda jika Anda menghirup polusi udara yang ada.

1. Mudah terkena asma

Zat yang terkandung dalam polusi udara dapat membuat saluran udara kecil di paru-paru menyempit sehingga Anda menjadi sulit untuk bernapas dan mengakibatkan Anda terkena asma. Mungkin asma tidak secara langsung terjadi akibat dari polusi udara, namun serangan asma bisa dipicu karena terlalu tingginya tingkat polusi udara yang ada.

2. Terkena penyakit COPD

Chonic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) atau penyakit paru-paru obstruktif kronis adalah penyakit yang terjadi karena peningkatan polusi udara dan dapat menyebar dengan cepat. Meskipun penyakit ini erat kaitannya dengan asap rokok, ternyata polusi udara juga dapat menyebabkan penurunan secara signifikan kapasitas bernapas menurut penelitian Great Smog of 1952.

3. Semakin parah penyakit Cystic Fibrosis

Cystic Fibrosis yaitu penyakit genetika yang dapat menyumbat saluran-saluran di tubuh karena lendir-lendir di dalam tubuh yang menjadi lengket dan kental. Tingginya polusi udara yang tanpa sengaja kamu hirup akan menyebabkan peningkatan risiko infeksi paru-paru dan masalah pernapasan yang tentu akan memperparah penyakit Cyctic Fibrosis-mu.

4. Mengakibatkan gagal jantung

Saat Anda beraktifitas di tempat dengan ruangan terbuka tentu polusi dan debu-debu bisa dengan mudah masuk ke dalam organ pernapasan Anda dan membuat Anda terkena Silikosis. Salah satu debu yang berbahaya yaitu Silika bebas berupa SiO2. Debu ini terdapat di sekitar pabrik besi atau baja, keramik, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan penggunaan besi dan beton.

Silikosis ditandai dengan sesak napas dan disertai batuk yang tidak berdahak. Dan apabila masuk ke tahap yang lebih parah, hipertropi jantung sebelah kanan menghantui yang akhirnya berpotensi menjadi gagal jantung.

5. Terserang Bisinosis

Bisinosis merupakan penyakit pneumoconiosis yang terjadi karena udara telah tercemar oleh debu serat kapas. Debu ini terdapat di sekitar pabrik pemintalan kapas atau tekstil. Waktu inkubasi Bisinosis sekitar 5 tahun yang di awali oleh sesak napas dan dada terasa berat. Jika masuk ke fase parah, maka akan diikuti oleh penyakit bronchitis kronis dan diserai dengan emphysema.
by Hanna Yuliana
Jumat, 06 Oktober 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X