Senin, 18 September 2017

Ternyata Robot Ditemukan Pertama Kali Oleh Ilmuwan Muslim

Al Jazari

Berbicara soal robot, pasti pikiran kalian mengarah ke Jepang karena memang Jepang dikenal sebagai pelopor robot canggih saat ini. Tapi sebenarnya pencipta sistem robot pertama bukanlah orang Jepang, melainkan seorang ilmuwan muslim.

Adalah Ibnu Ismail Al Jazari, seorang ilmuwan muslim yang tinggal di Diyar Bakir, Turki pada abad ke-12. Beliau adalah seorang ahli teknik yang mampu menciptakan robot humanoid yang bisa diprogram pada masanya.

Al Jazari menggunakan prinsip hidrolik untuk menggerakan mesin yang nantinya akan dikenal sebagai robot. Setidaknya ada 50 jenis robot yang diciptakan beliau dan semuanya ditulis dalam buku berjudul "The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices."


Salah satu karyanya adalah robot berbentuk perahu terapung yang ditumpangi empat robot pemain musik, dua penabuh drum, satu pemetik harpa, dan yang satunya lagi peniup seruling.

Beliau menciptakan robot ini dengan tujuan untuk menghibur para tamu kerajaan karena Al Jazari mengabadi pada raja-raja Urtuq dan Artuqid di Diyar Bakir pada tahun 1174 sampai 1200.

Robot pemain musik ciptaan Al Jazari bisa dibilang sangat sempurna karena bisa memainkan alunan musik dengan nada yang teratur layaknya pemain band sungguhan.


Selain robot perahu tadi, Al Jazari juga menciptakan penemuan lain yang menakjubkan. Beliau berhasil menciptakan sistem pencuci tangan otomatis. Pencuci tangan ini akan otomatis mengeluarkan air tanpa harus memutar keran terlebih dahulu. Atau saat ini, nyaris sama dengan sistem toilet modern.

Karya lain Al Jazari adalah jam gajah. Cara kerjanya adalah dengan tenaga air dan berat badan untuk menggerakan secara otomatis sistem mekanis yang dalam interval tertentu akan memberikan suara simbal dan burung berkicau. Penemuannya ini bahkan sampai membuat kagum ahli teknik Inggris, Donal Hill.

Menurut Encylopedia of Britanica, Leonardo Da Vinci mendapat banyak pengaruh dari pengetahuan Al Jazari.
by Fajar Lesmana
Senin, 18 September 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X