Sabtu, 02 September 2017

Penuhi Kebutuhan Air Di Desa, Pria Ini Gali Kolam Sendirian Selama 27 Tahun

Shyam Lal (foto: Odditycentral)

Saja Pahad, sebuah desa kecil yang terletak di Chhattisgarh, India, telah mengalami kekurangan air dalam jangka waktu yang sangat lama. Di desa ini hanya ada dua sumur yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air seluruh warga. Penduduk tidak tahu harus berbuat apa dan pemerintah malah mengabaikan mereka.

Oleh sebab itu, Shyam Lal yang masih berusia 15 tahun mengambil keputusan untuk mengatasi masalah air di desanya. Dia mengidentifikasi sebuah tempat di hutan terdekat dan memutuskan untuk menggali sebuah kolam yang fungsinya nanti bisa menampung air hujan untuk digunakan warga.

Shyam meminta bantuan warga untuk menuntaskan rencananya itu, tapi justru ia malah dianggap gila oleh warga. Tapi pemuda itu tak patah semangat, dia mulai mengambil sekop dan mulai menggali kolam seorang diri. Setidaknya butuh waktu 27 tahun bagi Shyam untuk mencapai tujuannya.

(foto: Odditycentral)

Sekarang saat sudah berusia 42 tahun, Shyam malah dianggap sebagai pahlawan yang sudah menyelamatkan desa. Lubang yang digali Shyam sendirian selama 27 tahun sekarang jadi kolam setinggi 15 meter yang dipenuhi air untuk kebutuhan seluruh warga desa.

"Tidak ada yang membantu saya dalam pekerjaan saya, baik pemerintah maupun penduduk desa," kata Shyam kepada Hindu Times, seperti dilansir Odditycentral (1/9).

Kisah heroik Shyam langsung jadi viral di seluruh pelosok negeri. Bahkan warga India mengakui akan prestasi Shyam.

Seorang anggota dewan legislatif daerah baru-baru ini mengunjungi desa Saja Pahad untuk memberikan hadiah Nobel sebesar 10.000 rupee atau sekitar Rp 2 juta kepada Shyam.
by Fajar Lesmana
Sabtu, 02 September 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X