Senin, 04 September 2017

Jangan Minum Air Botol Yang Disimpan Dalam Mobil, Ini Bahayanya!

Ilustrasi (foto: simplemost.com)

Meminum air botol dalam mobil sah-sah saja selama air tersebut tidak disimpan dalam mobil dalam waktu terlalu lama. Tapi jika disimpan terlalu lama dalam mobil, apalagi sampai seharian penuh, air dalam botol tersebut bisa berubah jadi racun berbahaya.

Secara fisik, wujud air memang tidak berubah meski disimpan terlalu lama dalam mobil. Akan tetapi air dalam botol sebenarnya sudah terpapar senyawa kimia berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Uniersity of Florida, menemukan bahwa kandungan bisphenol A, senyawa kimia yang menempel di botol plastik, akan jadi berbahaya bagi kesehatan jika sudah berumur empat minggu.

Sementara itu menurut Food and Drug Administration (FDA), senyawa kimia bisphenol A dapat bertambah banyak jika terpapar suhu 60 derajat celcius. Suhu tersebut biasanya ada dalam mobil yang terkena sinar matahari.

Bila botol air terpapar panas, hal itu bisa melepaskan zat kimia berbahaya yang akhirnya menyatu dengan air di dalamnya.

Jika air dalam botol sudah terkontaminasi, air tersebut dapat mengganggu kesehatan jika diminum, seperti menyababkan diare, mual, hingga muntah.

Jadi pastikan Anda jangan meminum air botol dalam mobil. Lebih baiknya saja gunakan untuk menyiram tanaman atau dibuang.
by Fajar Lesmana
Senin, 04 September 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X