Selasa, 19 September 2017

Fakta-Fakta Mengejutkan Tentang Inti Bumi Yang Sangat Panas

Inti bumi (foto: wonderopolis.org)

Bumi memiliki beberapa macam lapisan yang saling bertumpukan. Semua lapisan bumi tersebut memiliki peran yang penting untuk menyimbangkan bumi dan menopang kehidupan di atas bumi.

Yang akan kita bahas kali ini adalah lapisan terdalam bumi ini, yakni inti bumi yang memiliki ketebalan 3.500 km dan sekaligus sebagai pusat dari massa bumi yang sangat padat. Sebagai lapisan terdalam, tentu inti bumi
memiliki suhu yang sangat panas, bahkan panasnya nyaris setara dengan permukaan matahari.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang lapisan inti bumi, simak ulasannya berikut ini tentang fakta-fakta mengejutkan panasnya inti bumi.

1. Suhu inti bumi sama dengan panasnya suhu permukaan matahari yang panasnya mencapai 5.400 derajat Celcius. Batu sekuat berlian bisa meleleh dengan cepat oleh panasnya inti bumi.

(foto: universetoday.com)

2. Bagian terdalam inti bumi merupakan sebuah bola besi padat yang memiliki panjang jari-jari 1.220 km. Panjang bola besi tersebut nyaris sama dengan panjangnya jari-jari bulan.

(foto: huffingtonpost.com)

3. Menurut penelitian Universitas Columbia pada tahun 1997, menyatakan bahwa inti bumi berputar lebih cepat daripada bumi itu sendiri. Secara keseluruhan, putarannya searah dengan arah putaran bumi.

(foto: phys.org)

4. Bumi bisa selamat dari panasnya matahari karena adanya medan magnet bumi yang dikeluarkan dari inti bumi. Lapisan luar inti bumi yang terdiri dari besi cair berputar mengelilingi bumi yang terdiri dari bola logam besi padat.

(foto: thegoldlab.com)

5. Berdasarkan penelitian Universitas Durham, menjelaskan bahwa 90 persen inti bumi terdiri dari belerang yang bobotnya mencapai 8,5x1018 ton.

(foto: masabainc.com)

by Fajar Lesmana
Selasa, 19 September 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X