Selasa, 05 September 2017

Ciri-Ciri Orang Yang Melakukan Sholat Jurusan Neraka

Ilustrasi sholat

Bagi yang beragama Islam, pasti tahu kalau sholat lima waktu adalah tiangnya agama. Tanpa sholat, semua amal kebaikan yang kita lakukan tidak akan ada gunanya. Jadi intinya sholat yaitu untuk mendekatkan diri kita dengan Allah SWT agar kita selama dunia akhirat.

Tapi bukan berarti yang rajin melakukan sholat lima waktu bakal dijamin masuk surga. Ada golongan orang yang melakukan sholat tapi jurusannya menuju neraka. Sesuai keterangan dalam surat Al-Ma'un ayat 4-5, Allah menjelaskan kalau orang yang lalai dalam sholatnya, maka dia akan celaka.

"Maka celakalah orang-orang yang sholat, (yaitu) orang-orang yang lalai dalam sholatnya," QS. Al-Ma'us ayat 4-5.

Dari keterangan tersebut kita tahu bahwa sebenarnya bakalan banyak umat Muslim yang akan masuk neraka meski dia adalah ahli sholat. Lalu seperti apa ciri-ciri gologan orang yang sholatnya menjurus ke neraka?

1. Sholat yang tidak khusyu

Sholat yang diterima Allah adalah sholat yang khusyu. Khusyu dalam sholat berarti hati dan raga fokus hanya pada Allah, dalam hati tidak memikirkan yang lain selain hanya ingat pada Allah. Tapi nyatanya sholat yang seperti itu sulit dilakukan. Sadar tak sadar, kita sholat hanya melamun dan banyak memikirkan urusan duniawi.

Solusinya adalah kita berusaha mengembalikan hati agar ingat kepada Allah ketika mulai memikirkan hal yang lain dalam sholat.

2. Akhlak dan sholat tidak sinkron

Tujuan sholat adalah untuk memperbaiki akhlak kita sehari-hari ketika berada di luar sholat. Saat sholat kita harus selalu mengingat Allah, begitupun ketika berada di luar sholat di mana kita harus selalu mengingat Allah dalam hati. Dengan mengingat Allah, kita pasti tidak akan berani melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah.

Sekarang tanya pada diri sendiri, apakah sudah sinkron antara sholat dan akhlak Anda sehari-hari?

3. Rajin sholat tapi masih percaya jimat dan dukun

Palingma dosa adalah musyrik. Kita semua tahu percaya pada jimat, dukun, dan meminta-minta kepada selain Allah adalah musyrik. Meski sholat lima waktunya selalu terpenuhi tapi tetap percaya yang seperti itu, orang seperti ini adalah calon abadi penghuni neraka.

4. Tujuan sholat hanya untuk kekayaan dunia semata

Diterima tidaknya amal baik yang kita lakukan oleh Allah tergantung dari niat kita. Begitupun dengan sholat, tanya hati, apakah niat Anda sholat untuk meraih ridho Allah, atau hanya ingin usaha dan karir maju?
by Fajar Lesmana
Selasa, 05 September 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X