Jumat, 15 September 2017

Awas, Makan Gorengan Sambil Minum Kopi Ternyata Berbahaya

by Fajar Lesmana
Jumat, 15 September 2017
(foto: papasemar.com)

Gorengan adalah makanan berlemak karena dibuat dengan cara digoreng dalam minyak mendidih. Terlalu banyak mengkonsumsi gorengan, berarti bakalan banyak asupan lemak ke dalam tubuh. Oleh sebab itu gorengan bisa berakibat buruk bagi kesehatan jika dikombinasikan dengan makanan atau minuman tertentu seperti kopi.

Banyak orang lebih memilih sarapan dengan gorengan jika tak sempat makan nasi atau roti. Lebih bahayanya lagi beberapa orang sarapan dengan gorengan ditemani dengan segelas kopi. Perlu diketahui kombinasi keduanya bisa menimbulkan masalah kesehatan serius.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Guelph, minum kopi setelah mengkonsumsi makanan berminyak seperti gorengan bisa menyebabkan lonjakan gula darah hingga akhirnya bisa meningkatkan risiko terkena diabetes.

Dalam penelitian tersebut menyebutkan kalau gorengan mengandung lemak jenuh yang membuat tubuh kesulitan membersihkan gula dalam darah. Minum kopi justru malah akan semakin mempersulit proses pembersihan gula dalam darah.

Tim peneliti meminta para peserta untuk mengkonsumsi makanan berlemak. Setelah 6 jam mereka disuruh untuk mengkonsumsi minuman bergula seperti kopi. Hasilnya menunjukkan bahwa tubuh kesulitan memproduksi insulin untuk menghilangkan gula dari darah.

Tingkat gula dalam darah para peserta yang mengkonsumsi makanan berlemak 32% lebih tinggi dibandingkan dengan peserta penelitian yang tidak mengkonsumsi makanan berlemak.

Peserta kemudian disuruh minum dua cangkir kopi setelah 5 jam mengkonsumsi makanan berlemak, hasilnya menunjukkan kadar gula dalam darah mereka meningkat sampai 65%.

Meningkatnya kadar gula dalam darah bisa menimbulkan penyakit-penyakit serius seperti diabetes, kerusakan arteri, dan juga penyakit jantung. Jadi solusinya hindari makanan berlemak yang dikombinasikan dengan minuman berkafein seperti kopi.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X