Kamis, 28 September 2017

6 Rahasia Petugas Penerbangan Yang Tidak Diketahui Penumpang


Banyak orang lebih memilih naik pesawat untuk melakukan perjalanan antar pulau atau antar negara karena lebih cepat dan lebih nyaman. Perlu diingat, pesawat berbeda dengan transportasi lainnya karena memiliki banyak aturan dan tata tertib agar perjalanan selamat.

Di sisi lain, petugas penerbangan menyimpan banyak rahasia yang hanya diketahui oleh mereka dan tidak ada satupun penumpang yang mengetahuinya. Mungkin rahasia-rahasia tersebut sudah jadi aturan agar hanya diketahui oleh petugas penerbangan saja, sementara penumpang tidak diwajibkan untuk mengetahuinya.

Penasaran dengan rahasia-rahasia petugas penerbangan? Sekarang Anda akan mengetahuinya dengan menyimak artikel berikut ini yang kami lansir dari Brightside.me.

1. Sandaran lengan pada kursi sebenarnya bisa dinaikan

(foto: brightside.me)

Banyak penumpang yang merasa jengkel karena sandaran lengan pada kursi dan sandaran pada jendela pesawat tetap pada tempatnya. Namun sebenarnya Anda bisa mengangkatnya dengan menekan tombol kecil tersembunyi di dekat pangkal sandaran tangan.

2. Harga tiket dikurangi bagi keluarga petugas penerbangan

(foto: brightside.me)

Banyak maskapai penerbangan yang memberikan diskon harga tiket bagi keluarga atau orang-orang dekat petugas penerbangan. Bahkan ada juga yang gratis alias tidak usah bayar sepeser pun. Namun mereka biasanya hanya harus membayar biaya pajak dan bea cukai.

3. Alasan tidak boleh merokok dalam pesawat

(foto: brightside.me)

Alasan utama kenapa merokok tidak diperbolehkan dalam pesawat karena untuk mencegah terjadinya kebakaran dan bahaya dari asap rokoknya terhadap penumpang lain. Tapi tahu tidak kalau merokok dalam pesawat dulu pernah diizinkan dan tidak pernah terjadi kebakaran. Sebenarnya alasan larangan merokok di dalam pesawat karena masalah ekonomi. Asap rokok bisa membuat AC dalam pesawat mudah rusak karena harus menyaring asap rokok.

4. Alasan penumpang harus mematikan ponsel mereka

(foto: brightside.me)

Ponsel dapat menyebabkan kerusakan fungsi pesawat, itu mungkin alasan yang Anda ketahui kenapa saat penerbangan dilarang menyalakan ponsel. Tapi sebenarnya alasan itu hanyalah sebuah mitos. Ponsel hanya dapat mengganggu sinyal radio dari menara pusat ke pesawat. Kru pesawat bahkan suka menggunakan ponsel selama penerbangan.

5. Kerusakan pada pesawat tidak semuanya diperbaiki

(foto: brightside.me)

Banyak hal yang harus diperiksa sebelum pesawat lepas landas. Namun tidak semuanya diperiksa dan tidak semuanya diperbaiki. Petugas hanya memperbaiki bagian yang berisiko mengancam keselamatan penerbangan, sementara kerusakan yang tidak berisiko dibiarkan saja.

6. Nomor besar di landasan pacu sangat penting

(foto: brightside.me)

Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa ada nomor besar di landasan pacu? Nomor ini menunjukkan beberapa derajat landasan pacu dari magnet utara, dibulatkan ke puluhan. Dengan begitu ini mempermudah pilot untuk melakukan lepas landas atau mendarat.
by Fajar Lesmana
Kamis, 28 September 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X