Sabtu, 02 September 2017

5 Tradisi Unik Perayaan Idul Adha Yang Hanya Ada Di Indonesia

by Mita Septiani
Sabtu, 02 September 2017
(foto: republika.co.id)

Umat Islam memiliki beberapa hari besar di antaranya adalah Idul Fitri dan Idul Adha, dimana dua hari tersebut diperingati diwaktu yang berbeda. Sama halnya dengan Idul Fitri, selalu ada tradisi-tradisi unik untuk menyambut datangnya hari raya Idul Adha.

Ketika tiba Idul Adha tiba, umat Muslim bukan hanya memotong hewan kurban saja, melainkan banyak tradisi unik dilakukan ketika perayaan Idul Adha. Berikut adalah 5 tradisi unik dalam memperingati Idul Adha yang ternyata hanya ada di Indonesia saja.

1. Kaul Negri dan Abda'u di Maluku Tengah

(foto: lensatimur.com)

Setelah melaksanakan solat Idul Adha, penduduk di Negeri Tulehu, Maluku Tengah akan melakukan tradisi unik menggendong 3 kambing oleh para pemuka adat dan agama. Kemudian tiga kambing tersebut akan diarak diiringi lantunan solawat dan takbir hingga tempat penyembelihan.

Tradisi selanjutnya adalah tradisi abda'u dimana semua pemuda di desa Tullehu Ambon, berusaha memperebutkan bendera bertuliskan kalimat tauhid. Tradisi ini adalah bentuk ketulusan menerima Islam sebagai agama yang harus dijaga.

2. Mepe Kasur di Banyuwangi

(foto: uniquenews.com)

Mepe kasur atau menjemur kasur adalah tradisi unik yang selalu dilakukan oleh masyarakat Using di Banyuwangi. Tradisi mepe kasur ini dilakukan ketika mendekati perayaan Idul Adha.

Warga sekitar serempak menjemur kasur pada pagi hari di depan rumahnya masing-masing. Tradisi ini adalah bentuk penghormatan datangnya bulan julhizah warga sekitar juga percaya bahwa mepe kasur ini adalah bentuk dari penolakan atas hal-hal buruk yang akan terjadi.

3. Apitan Di Semarang

(foto: batiksemarang.com)

Peringatan Apitan ini adalah bentuk rasa syukur warga Semarang atas hasil bumi yang mereka peroleh. Tradisi ini biasanya dimulai dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan arak-arakan. Ketika selasai arak-arakan semua warga akan berebut isi dari iring-iringan, seperti jagung, padi, tomat dan hasil bumi lainnya. Mereka percaya jika hasil bumi tersebut akan membawa berkah.

4. Manten Sapi Di Pasuruan

(fot: tribunnews.com)

Tradisi manten sapi ini adalah tradisi unik yang dilakukan warga Pasuruan, dimana sapi atau hewan kurban yang akan dikurbankan didandani layaknya seorang pengantin. Para hewan kurban dikalungi bunga, dibalut sorban, sejadah hingga kain kafan. Sapi yang telah didandani kemudian digiring hingga sampai ke tempat penyembelihan.

5. Grebeg Gunungan di Yogyakarta

(foto: julple.blogspot.com)

Tradisi ini hampir sama dengan tradisi Apitan di Semarang, bedanya grebeg gunungan ini membentuk kumpulan hasil buminya layaknya seperti gunung. Tiga gunungan berisi hasil bumi tersebut akan diarak dari halaman keratos menuju masjid untuk upacara pembacaan doa. Di penghujung acara, masyarakat akan memperebutkan semua yang ada di gunungan tersebut.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X