Jumat, 22 September 2017

5 Macam Tato Yakuza Dan Maknanya


Yakuza merupakan kelompok sindikat terorganisir yang ada di Jepang. Yakuza sama terkenalnya dengan mafia terkenal dari negara-negara lain seperti Triad, Siclian, dan Los Zetas.

Salah satu ciri khas Yakuza adalah anggota mereka memiliki tato di tubuhnya atau sering disebut irezumi. Setiap geng Yakuza biasanya memiliki tato dengan simbol yang berbeda-beda. Tato tersebut bukan sekedar hiasan agar terlihat garang, tapi memiliki makna tersendiri yang melambangkan kekuatan mereka.

Ada banyak sekali macam-macam tato Yakuza yang kebanyakan diambil dari simbol hewan dan makhluk mitologi. Berikut ini ada lima macam tato Yakuza yang paling banyak digunakan dan beserta maknanya.

1. Ikan Koi


Tato ikan koi adalah yang paling umum digunakan para anggota Yakuza. Simbol ini melambangkan kekayaan dan keberuntungan. Dalam mitos Jepang, ikan koi dipercaya mampu mendaki air terjun. Dalam artian, ikan ini mewakili ketekunan dan motivasi. Anggota Yakuza yang memiliki tato ikan koi diyakini memiliki pengalaman yang keras.

2. Naga


Dalam mitos Jepang, naga adalah sosok makhluk yang melindungi dan mengayomi manusia, bukan makhluk buas seperti yang ada dalam cerita-cerita pada umumnya. Bagi Yakuza, simbol naga melambangkan keberanian, kebijaksanaan, kekuatan, dan masih banyak lagi.

3. Phoenix


Dalam cerita rakyat Jepang, burung Phoenix merupakan makhluk mitologi yang dibakar api, lalu terlahir kembali dari abunya sendiri. Banyak anggota Yakuza yang memiliki tato burung ini yang melambangkan kemenangan, kebebasan, dan kelahiran kembali.

4. Samurai


Tato samurai melambangkan Bushido, yang berarti jalan seorang samurai. Simbol samurai dalam tato Yakuza melambangkan keberanian, loyalitas, harapan, dan aksi. Pada dasarnya Yakuza sudah mengadopsi banyak prinsip Bushido pada masa Jepang kuno dulu. Jika mereka melakukan kesalahan yang memalukan, maka mereka akan melakukan seppuku.

5. Topeng Oni


Oni digambarkan sebagai sosok iblis yang suka menghukum orang-orang jahat. Dalam cerita Jepang, Oni digambarkan sebagai makhluk yang menjijikan, tapi sebagian lagi menggambarkannya sebagai makhluk yang cerdas. Makanan favorit Oni adalah daging manusia. Dalam tradisi Yakuza, topeng oni digambarkan sebagai simbol hukuman dan gaya hidup Yakuza yang kejam.
by Fajar Lesmana
Jumat, 22 September 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X