Sabtu, 02 September 2017

5 Foto Viral Yang Sempat Bikin Heboh Ini Sebenarnya Palsu

(foto: The Richest)

Untuk menarik kehebohan di dunia maya sebenarnya sangat mudah, cukup kirim foto atau video yang aneh dan nyeleneh. Jika foto dan video tersebut sukses menarik perhatian netizen, sudah dipastikan foto dan videonya akan langsung viral.

Namun tak semua foto atau video yang ada di dunia maya itu asli alias bukan hasil editan, kebanyakan sebenarnya hasil rekayasa seseorang yang hanya ingin menarik kehebohan. Sama halnya dengan beberapa foto viral ini yang sempat bikin heboh warga dunia maya. Tapi setelah diselidiki lebih lanjut, rupanya foto-foto ini palsu.

Dirangkum Wow Menariknya dari The Richest, berikut lima foto palsu yang sempat bikin heboh internet. Banyak netizen yang sudah tertipu dengan foto-foto ini.

1. Yeti

(foto: The Richest)

Tahun lalu, dua foto dan satu video yang menunjukkan penampakan sosok Yeti di sebuah resor ski Formigal di Spanyol sempat jadi viral setelah diunggah oleh sorang pengguna internet di situs bernama ForoCoches, sebuah situs yang mirip jejaring sosial Reddit.

Namun foto dan video tersebut dinyatakan palsu karena tidak ada jejak kaki Yeti dalam foto maupun video itu.

2. Gadis penderita gangguan mental

(foto: The Richest)

Foto di atas menunjukkan pemandangan aneh dan menyeramkan dari beberapa orang gadis di sebuah rumah sakit jiwa di Soviet. Gadis-gadis penderita gangguan mental dalam foto tersebut tampak melayang seolah mereka menempel di tembok. Sontak saja foto ini langsung bikin heboh dunia maya.

Namun setelah diselidiki lebih lanjut, cerita seram yang menyerati foto tersebut sebenarnya palsu. Foto ini sebenarnya bukan diambil di sebuah rumah sakit jiwa, melainkan diambil dalam buku berjudul "Blaubart" karya pefromer asal Jerman bernama Pina Bausch.

Sementara itu, gadis-gadis tersebut bisa melayang karena mereka berpegangan pada sebuah lubang yang terdapat pada dinding.

3. Pria memegang belalang sepanjang 1 meter

(foto: The Richest)

Foto-foto yang menampilkan hewan yang diedit agar terlihat lebih besar sudah biasa kita temukan di internet. Begitupun dengan foto pria yang sedang memegang belalang raksasa ini. Foto ini sempat jadi perbincangan pengguna internet, banyak yang mempertanyakan keaslian foto tersebut.

Alih-alih banyak yang mempercayainya, rupanya foto tersebut palsu. Foto ini aslinya merupakan milik Coles Studio pada tahun 1937. Yang jadi masalah, foto tersebut memiliki hak cipta dan malah dijadikan lelucon untuk mengelabui neitzen.

4. Venesia membeku

(foto: The Richest)

Pada Februari 2014 lalu, sebuah foto yang menunjukkan kota Venesia di Italia berubah jadi beku sempat bikin panik pengguna media sosial. Banyak orang ketika itu yang percaya kalau Venesia benar-benar jadi beku karena cuaca dingin yang ekstrim. Namun kepanikan tersebut berubah setelah foto ini diklaim hanyalah hasil editan.

Foto Venesia membeku itu diedit oleh seorang seniman bernama Robert Johns. Dia menggabungkan foto Danau Baikal yang membeku dan kemudian memasukkannya ke dalam foto kota Venesia. Tujuan Johns menciptakan foto ini bukan untuk cari sensasi, melainkan untuk tujuan seni.

5. Donald Trump dan pemimpin dunia menatap Vladimir Putin

(foto: The Richest)

Sebuah foto yang menunjukkan Donald Trump dan pemimpin dunia lainnya sedang mentap tajam Vladimir Putin sempat jadi viral. Foto ini diambil pada puncak Konferensi Tingkat Tinggi G20 Hamburg 2017 yang diadakan di Jerman pada Juli lalu.

Namun sebenarnya foto itu palsu. Trump dan pemimpin lainnya tidak benar-benar menatap tajam Putin ketika itu. Foto ini hanyalah hasil editan belaka.
by Fajar Lesmana
Sabtu, 02 September 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X