Selasa, 26 September 2017

5 Cara Mudah Mengetahui Apakah Komputer Anda Kena Hack Atau Tidak

(foto: wonderhowto.com)

Serangan cyber atau sering kita kenal dengan istilah hacking sebenarnya sangat sering terjadi dan bisa menimpa siapa saja, khususnya pengguna komputer.

Yang dikhawatirkan, pelaku hacking akan mencuri data penting kita lalu menggunakannya untuk keuntungannya sendiri. Untuk mencegah komputer Anda diretas, sangat penting bagi Anda untuk memasang keamanan pada komputer, seperti memasang antivirus dan jangan asal mengunduh aplikasi di komputer Anda.

Selain itu Anda juga harus tahu tanda-tanda kalau komputer Anda sudah kena hack atau tidak. Pasalnya banyak yang tidak menyadari kalau komputer mereka sudah dihack. Dilansir dari Brightside.me, berikut cara mudah mengetahui apakah komputer Anda kena hack atau tidak.

1. Antivirus dinonaktifkan dengan sendirinya

(foto: Brightside.me)

Jika Anda merasa tidak menonaktifkan antivirus dalam komputer Anda, tapi pas di cek antivirus nya tidak aktif, komputer Anda kemungkinan besar sudah diretas. Pasalnya antivirus tidak bisa mati dengan sendirinya, pasti ada yang menonaktifkannya. Hacker sengaja mematikan antivirus agar ia lebih mudah mengakses file dalam komputer Anda.

2. Diarahkan ke situs berbeda

(foto: Brightside.me)

Jika browser Anda suka membuka situs web dengan sendirinya, Anda harus waspada. Hal ini juga berlaku jika Anda mengetik sesuatu di mesin pencarian, tapi bukan Google, melainkan mesin pencarian lain. Jika sering muncul jendela pop-up juga besar kemungkinan kalau komputer Anda sudah kena hack.

3. Menerima peringatan dari antivirus palsu

(foto: Brightside.me)

Jika Anda menerima peringatan antivirus dengan tampilan yang berbeda dari biasanya, mungkin komputer Anda sudah dihack. Apalagi tiba-tiba ada antivirus baru yang belum Anda instal sebelumnya.

4. Webcam

(foto: Brightside.me)

Periksa webcam Anda, jika indikatornya berkedip dengan sendirinya, restar komputer dan coba cek lagi sesudah 10 menit. Jika indikator webcam masih berkedip, berarti komputer Anda sudah diretas.

5. Komputer jadi lambat

(foto: Brightside.me)

Jika komputer Anda bekerja sangat lambat, dan jika Anda melihat koneksi internet menurun secara signifikan, mungkin komputer Anda sudah kena retas.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda segera mangamankan informasi pribadi, termasuk bank, dan password akun lainnya. Selain itu segera scan komputer Anda dengan menggunakan antivirus dan juga hapus aplikasi-aplikasi yang tidak dikenal.
by Fajar Lesmana
Selasa, 26 September 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X