Senin, 21 Agustus 2017

Sucuriju Gigante, Anaconda Raksasa Pencipta Sungai Amazon

by Fajar Lesmana
Senin, 21 Agustus 2017

Keberadaan ular besar dari keluarga anaconda di Amazon memang sudah bukan rahasia lagi. Di dalam hutan Amazon sana banyak berkeliaran anaconda besar yang rata-rata memiliki panjang tubuh sampai 10 meter.

Tapi tahu tidak tentang legenda sesepuh anaconda yang hidup di Amazon yang konon panjangnya mencapai 40 meter? Anaconda yang dimaksud dikenal dengan julukan Sucuriju Gigante yang konon katanya memiliki panjang sampai 40 meter dengan diameter 80 cm dan berat 5 ton.

Menurut suku asli Amazon, Sucuriju Gigante dipercaya sebagai pencipta Sungai Amazon di mana ular ini selalu meninggalkan jejak berlumpur setiap kali keluar saat hujan lebat. Walau hanya dianggap dongeng, rupanya ada beberapa orang yang pernah melihat keberadaan Sucuriju Gigante.


Ketika pasukan Spanyol menjelajahi hutan tropis di Amerika Selatan, tepatnya di daerah hutan Amazon, mereka kembali pulang dengan membawa cerita yang mengerikan. Mereka menceritakan melihat ular besar yang mereka sebut Matora atau pemakan banteng. Panjang ular ini dilaporkan mencapai 80 meter.

Kemudian pada tahun 1925, Pastor Victor Heinz mengklaim melihat ular anaconda besar di Sungai Amazon yang panjangnya mencapai 80 kaki atau sekitar 24 meter dan tubuhnya setebal drum.

Lalu surat kabar The Diario juga menerbitkan sebuah artikel dengan judul "Anaconda seberat 5 ton" yang dipublikasikan pada 24 Januari 1948.


Dalam artikel tersebut, dijelaskan kalau anaconda yang dimaksud tertangkap oles ras Indian saat sedang tertidur setelah memakan seekor banteng. Panjang anaconda tersebut dikatakan mencapai 131 kaki atau 40 meter.

Empat bulan kemudian, surat kabar dari Rio juga menerbitkan sebuah foto anaconda sepanjang 115 kaki (35 meter) yang berhadapan dengan sekelompok milisi.

Menurut para ahli, Sucuriju Gigante dipercaya sebagai keturunan dari ular zaman prasejarah, yakni Gigantophis.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X