Senin, 21 Agustus 2017

Kamu Mungkin Terkena Depresi Jika Sering Unggah Foto Instagram Seperti Ini

by Chalista Tamara
Senin, 21 Agustus 2017
(yourdigitalresource.com)

Kecanggihan sosial media kini memang sudah sangat membantu kehidupan manusia. Segala sesuatu kini bisa dihubungkan dengan sosial media, bahkan sosial media bisa menjadi sarana untuk bercerita dan mengungkapkan perasaan seseorang.

Sebuah penelitian unik dilakukan oleh Tim Daforth dan Reece, dimana mereka meneliti sekitae 44 ribu foto yag diposting di Instagram untuk mendeteksi tingkat depresi. Penelitian ini didukung oleh 166 peserta yang mengunggah foto mereka ke akun Instagram.

Hasilnya ternyata 71% dari peserta mengalami depresi dari pengalaman masa lalu. Lalu, bagaiman cara Tim Daforth dan Reece menganalisa tingkat depresi seseorang dari foto yang diunggah ke Instagram?

1. Menggunggah foto tanpa menunjukan wajah

Orang-orang yang merasa depresi cenderung tidak menampilkan wajahnya saat mengunggah foto. Hal ini karena mereka tak ingin terlihat dalam banyak interaksi sosial.

2. Warna

Pemilihan warna ternyata juga mampu memperlihatkan tingkat depresi seseorang. Seorang yang depresi cenderung memilih warna-warna gelap seperti abu-abu, hitam atau terkadang putih tak lepas dari pilihan mereka.

3. Pemilihan filter

Instagram memang menyediakan berbagai macam filter yang mampu mempercantik foto seseorang. Dari sekian banyak pilihan foto di Instagram, seorang yang depresi akan sering memilih Inkwell. Mereka biasanya akan menggunakan filter ini saat di awal-awal mengunggah foto di Instagram. Sedangkan yang normal akan cenderung memilih Valencia untuk mencerahkan foto mereka.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X