Jumat, 25 Agustus 2017

Alasan Ilmiah Mengapa Orang Suka Tertidur Di Bioskop

Ilustrasi (foto: howstuffworks.com)

Tidak ada orang yang rela tertidur saat sedang nonton film di bioskop, apalagi sudah merogoh kocek uang yang lumayan menguras dompet. Namun kenyataannya, ada banyak orang yang tertidur selama pemutaran film meskipun sound effectnya sangat keras. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Murray Johns, seorang dokter tidur asal Australia yang menemukan Epworth Sleepiness Scale (ESS), mencoba mengukur kecenderungan seseorang tertidur dengan delapan aktivitas sehari-hari yang berbeda.

Pada tahun 2002, Johns mengumpulkan data ESS lebih dari 2.800 orang dewasa. Dan kebanyakan orang tertidur di urutan pertama adalah pada saat berbaring di sore hari, diikuti dengan menonton TV lalu duduk dan membaca.

Mengapa kegiatan di siang hari lebih banyak membuat kita mengantuk jika dibandingkan dengan yang lainnya? Johns mengatakan bahwa situasi dengan tingkat tinggi adalah di mana Anda tidak banyak bergerak.

(foto: masterlife.com)

Ketika otot-otot di kepala dan leher rileks, itu akan menjadi sinyal yang dikirimkan ke otak untuk memberikan dorongan untuk tertidur.

"Saat Anda berdiri, otot dan sendi yang terlibat dalam mempertahankan postur tubuh Anda memberi konstribusi pada secondary wake drive. Dan pada saat Anda duduk, atau bahkan saat Anda berbaring dan memejamkan mata serta berhenti bergerak, Anda akan mengurangi secondary wake drive dan itu akan membuat Anda tertidur," kata Johns

Dan hal itu menjelaskan mengapa membaca atau menonton bisa mendorong kita untuk tertidur dengan cepat. Tapi mengapa beberapa orang kadang tertidur saat film sedang diputar di bioskop, dan bahkan dengan suara yang sangat keras? Dalam hal ini, mungkin orang bersangkutan menderita gangguan tidur.

Philip Gehrman adalah seorang ilmuwan tidur dan asisten profesor psikiatri di Universitas Pennsylvania Perelman school of Medicine. Dalam praktiknya, dia menyebarkan Epworth Sleepiness Scale (ESS) sebagai alat untuk mendiagnosis kelainan tidur.

Gehrman mengatakan bahwa tertidur di bioskop terkadang merupakan tanda defisit tidur. Defisit itu bisa disebabkan karena terlalu lelah atau karena gangguan tidur. Jika Anda salah satu dari orang-orang yang mulai tertidur setelah 10 menit film dimulai, alangkah baiknya Anda segera diperiksa ke dokter.

Sumber: Howstuffworks.com
by Hanna Yuliana
Jumat, 25 Agustus 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X