Rabu, 16 Agustus 2017

5 Kota Yang Ditinggalkan Penduduknya Karena Bencana

by Hanna Yuliana
Rabu, 16 Agustus 2017
(foto: sometimes-interesting.com)

Kejadian penduduk meninggalkan kotanya sendiri memang sangatlah jarang terjadi. Tapi faktanya ada beberapa kota yang ditinggalkan oleh penduduknya karena terjadi bencana yang membuat kota tersebut jadi tidak layak huni.

Entah itu bencana yang disebabkan oleh alam atau ulah manusia, kota-kota ini berubah jadi tidak layak huni yang memaksa seluruh penduduknya pindah ke tempat lain. Hingga sekarang pun kota-kota ini hanya tinggal kenangan dan berubah jadi kota hantu yang tidak berpenghuni.

Berikut Wow Menariknya merangkum ulasan tentang kota-kota yang ditinggalkan penduduknya karena bencana.

 1. Centralia, Pennsylvania

(foto: readplatform.com)

Centralia adalah kota pertambangan batu bara yang dilanda bencana pada 1962. Di bawah tanah kota ini, batu bara terbakar tanpa henti dan tidak ada cara untuk memadamkan apinya. Hingga akhirnya bencana ini membakar seluruh batu bara yang ada di pertambangan sampai hingga habis tak tersisa.

Awalnya warga tidak peduli karena api jauh berada di bawah tanah. Namun setelah satu dekade berlalu, dampak negatifnya mulai mempengaruhi kehidupan warga di sana. Orang-orang jadi sakit karena menghirup karbon dioksida dan karbon monoksida yang dihasilkan dari pembakaran batu bara tersebut. Kemudian pada tahun 1980-an, kota ini ditinggalkan penduduknya.

2. Humberstone and Santa Laura, Chili

(foto: coolinterestingstuff.com)

Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, semua orang menginginkan sodium nitrat, senyawa bubuk putih yang digunakan dalam pupuk pertanian dan juga bahan peledak. Dan ternyata gurun Pampa di Chili mengandung deposit garam terbesar di dunia.

Setelah ditemukannya gurun tersebut, lebih dari 200 senapan dengan berbagai macam jenis dibuat di kota ini. Tak heran jika hal itu jadi pemasukan besar bagi Chili. Tapi semuanya tidak abadi. Tambang tersebut meledak sekitar tahun 1870 dan 1930. Menjelang akhir 1950-an, kota ini pun ditinggalkan oleh penduduknya.

3. Montserrat

(foto: pinterest.com)

Pada tahun 1995, Gunung Berapi Soufriere di pulau Montserrat di Karibia Timur ini sudah menunjukkan aktivitas vulkanik. Pada tahun itu, penduduk kota Plymouth yang berada di dekatnya dievakuasi karena kekhawatiran akan meletusnya gunung berapi tersebut. Dan pada tahun 1997, gunung itu benar-benar meletus.

Lava setinggi 30 sampai 40 kaki menutupi seluruh bagian kota yang sudah ditinggalkan oleh penduduknya itu. Letusan gunung berapi ini juga menghancurkan sebagian besar perdagangan di negara tersebut. Sampai sekarang kota ini tetap tidak dihuni.


4. Pripyat, Ukraina

(foto: pinterest.com)

Bencana nuklir paling buruk di dunia selain bom atom, yaitu bencana nuklir di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl di kota Prpyat, Ukraina

Pada bulan April 1986, reaktor nomor 4 di pusat pembangkit tenaga listrik tersebut meledak. Sekitar 50.000 penduduk terpaksa dievakuasi karena radioakif dengan cepat menyebar melalui udara dan membuat kota ini jadi tidak layak unuk dihuni. Meskipun sampai saat ini tempat tersebut masih terkontaminasi, namun ada beberapa tempat di bagian kota yang aman karena tingkat radioaktifnya yang rendah.

5. Shicheng, China

(foto: dailymail.co.uk)

Selama berabad-abad, Shicheng adalah kota paling ramai dikunjungi. Namun pada tahun 1959, pejabat China memutuskan untuk membangun bendungan dan stasiun pembangkit listrik di lokasi tersebut. Setelah memindahkan 300.000 penduduk Shicheng, kota tersebut kemudian terkena bencana banjir besar dan merubahnya jadi kota bawah air.

Kemudian pada tahun 2001, seorang pejabat pariwisata mengusulkan menggunakan kota kuno tersebut sebagai sarana untuk memikat wisatawan yang memiliki hobi menyelam. Kota kuno inipun terdiri dari 62 lapangan sepak bola, hiasan batu singa dan masih banyak lainnya.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X