Selasa, 01 Agustus 2017

5 Cara Melarikan Diri Dari Korea Utara

(foto: Listverse)

Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara, menerapkan aturan ketat yang membuat negaranya seolah terisolasi dari dunia luar. Secara otomatis, warganya pun dilarang meninggalkan Korea Utara untuk alasan apapun.

Aturan pemerintah yang semena-mena membuat banyak warga Korut berkeinginan untuk melarikan diri dari negaranya dan pindah ke negara lain. Tapi sayang, hal itu bisa dibilang mustahil untuk dilakukan karena risiko besar yang harus ditanggung jika gagal dalam melakukan pelarian.

Bagi siapa saja yang berani meninggalkan Korea Utara tanpa ada izin dari pihak berwenang, maka mereka akan diberikan hukuman berat, bahkan ada yang sampai dihukum mati karena dianggap membelot. Tentu saja hukuman ini membuat warga Korut tidak berani melarikan diri dan lebih memilih diam saja.

Meskipun demikian, sebenarnya ada beberapa cara melarikan diri dari Korea Utara. Sekedar pengetahuan saja, berikut beberapa cara melarikan diri dari Korut, seperti dirangkum Wow Menariknya dari Listverse.

1. Program Pertukaran Pelajar

(foto: Listverse)

Di Korea Utara juga ada program pertukaran pelajar yang memungkinkan setiap siswa di sana untuk belajar di luar negeri. Setiap tahunnya, program ini rutin dilakukan Korut dengan beberapa negara, terutama dengan China.

Bagi pelajar yang cerdas, mereka bisa melihat indahnya dunia luar. Mereka akan menimba ilmu di luar negeri, dan kemudian menggunakan pengetahuan yang didapatnya untuk merubah nasib di Korea Utara. Atau bahkan bisa menggunakan pengetahuannya untuk melarikan diri dari Korea Utara.

2. Jadi Duta Besar

(foto: Listverse)

Korea Utara memiliki duta besar di beberapa negara. Namun fakta yang mengejutkan duta besar Korut dibayar rendah oleh pemerintahnya sendiri. Selain itu, banyak duta besar Korut yang ditangkap di negara lain karena terbukti melakukan kejahatan.

Meskipun kehidupan duta besar Korut terlihat tidak menyenangkan, tapi jadi duta besar adalah salah satu cara untuk melarikan diri dari kehidupan di Korea Utara.

3. Jadi Atlet Olimpiade

(foto: Listverse)

Meskipun Korut sangat terisolasi, negara ini tetap memiliki tim Olimpiade yang akan ikut serta dalam setiap festival olahraga. Pemerintah akan memberikan penghargaan kepada atlet yang berhasil meraih medali, tapi juga akan memberikan hukuman kepada atlet dan pelatih yang pulang tanpa membawa hasil.

Walaupun begitu, jadi atlet Olimpiade adalah salah satu cara melarikan diri dari Korea Utara karena bisa berpergian ke negara lain.

4. Melarikan Diri Melalui Zona Demiliterisasi

(foto: Listverse)

Di Semenanjung Korea, terdapat zona demiliterisasi yang merupakan wilayah yang memisahkan Korea Utara dan Korea Selatan. Kedua negara menyimpan pasukan penjaga dalam jumlah banyak untuk menjaga perbatasan.

Melakukan pelarian melalui zona ini sangatlah berbahaya bagi warga sipil karena terdapat banyak ranjau darat. Selain itu, tentara Korut tak akan segan-segan menembak siapa saja warganya yang mencoba melarikan diri.

Akan tetapi, jika lolos dari zona ini, Korea Selatan akan memberi kewarganegaraan kepada siapa saja warga Korut yang membelot.

5. Berenang Melalui Laut Kuning

(foto: Listverse)

Laut Kuning adalah batas maritim antara Korea Utara dan Korea Selatan. Rute ini juga merupakan yang paling singkat untuk sampai di antara kedua negara. Akan tetapi perairan ini dijaga ketat oleh angkatan laut kedua negara tersebut.

Namun ada cara untuk sampai di Korsel melalui Laut Kuning tanpa diketahui oleh militer Korut, yaitu dengan cara berenang. Banyak warga Korut yang berhasil melarikan diri ke Korsel dengan cara berenang di Laut Kuning. Tentunya mereka harus handal dulu dalam berenang.
by Fajar Lesmana
Selasa, 01 Agustus 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X