Sabtu, 29 Juli 2017

Subhanallah, Pria Asal Pekalongan Ini Naik Haji Dengan Jalan Kaki

Mochammad Khamim Setiawan (foto: Facebook)

Seorang pria asal Pekalongan bernama Mochammad Khamim Setiawan beberapa waktu sempat bikin heboh publik atas klaimannya naik haji dengan jalan kaki.

Namun klaimannya itu justru dianggap bohong oleh netizen. Banyak netizen yang mengatakan mustahil bagi Khamim untuk pergi naik haji dengan jalan kaki.

Tapi Khamim membuktikan perkataan netizen itu tidak benar. Menurut sebuah postingan di Facebook (27/7/2017), baru-baru ini Sarjana Ekonomi dari Universitas Semarang itu dikabarkan sudah sampai di Tanah Suci setelah melakukan perjalanan sejauh 9.000 km.

Bagaimana caranya?

Khamim diketahui berangkat ke Tanah Suci dari kampung halamannya di Wonoprongo, Kabupaten Pekalongan, pada 28 Agustus 2016 lalu.

Dalam kata lain, Khamim harus melalui beberapa negara dan membutuhkan setidaknya waktu 1 tahun untuk tiba di Tanah Suci.

Selama dalam perjalanan, Khamim kadang harus menumpang di rumah yang ditemui, dan bahkan tidur di hutan di berbagai negara. Pada 19 Mei 2017, dia baru sampai di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

(foto: Khaleej Times)

Sesuai perhitungan jarak per hari, Khamim sebelumnya memperkirakan akan sampai di Kota Mekah pada 30 Agustus 2017. Namun entah kenapa, dia malah sampai lebih awal.

Dalam foto yang diposting ke Facebook, tampak Khamim berpose dengan background Kakbah di Masjidil Haram.

Perjalanan Khamim dari Indonesia ke Kota Mekah dengan berjalan kaki berhasil mencuri perhatian media asing seperti Khaleej Times. Dia bahkan sempat di wawancara oleh surat kabar tersebut untuk menceritakan seputar perjalanannya.

Subhanallah, ternyata dengan niat yang besar, sesuatu yang terlihat mustahil pun bisa diwujudkan.
by Fajar Lesmana
Sabtu, 29 Juli 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X