Senin, 10 Juli 2017

Perhatikan 5 Hal Ini Agar Terhindar Dari Kejahatan Media Sosial

by Hanna Yuliana
Senin, 10 Juli 2017
(foto: theimpulsedigital.com)

Pengguna media sosial semakin hari semakin banyak saja menginggat penggunaan smartphone yang memudahkan orang untuk mengakses internet. Media sosial seolah sudah menjadi dunia kedua bagi orang-orang untuk berinteraksi dan bergaul.

Layaknya di dunia sungguhan, di dunia media sosial juga sering terjadi kejahatan yang bisa merugikan beberapa pihak. Kejahatan di media sosial bisa timbul karena beberapa faktor, seperti kecerobohan dalam mengunggah profil, status, foto atau video, dan masih banyak lagi.

Menurut buku 17 Rumus Keren Berinternet, berikut ini ada ima hal yang mendasar dan perlu diketahui agar tidak jadi korban kejahatan di media sosial.

1. Pasang profil diri secukupnya

Memasang profil diri sendiri seharusnya secukupnya saja dan tidak perlu terlalu lengkap seperti menjelaskan alamat rumah dan nomor telepon. Karena hal tersebut sangat rentan dimanfaatkan oleh pihak yang memiliki niat buruk.

2. Selalu waspada pada saat pertemuan Face to Face

Sebaiknya tetap mewaspadai ketika anda melakukan pertemuan offline dengan seseorang yang baru pertama kali Anda kenal melalui media sosial. Jika perlu, ajak beberapa teman atau anggota keluarga Anda untuk menemani Anda ke tempat pertemuan tersebut. Dan lebih baik jika Anda melakukan pertemuan ditempat publik yang ramai.

3. Pasang foto profil yang pantas

Perhatikan pula foto-foto yang akan Anda pasang di akun media sosial Anda. Jangan pernah memasang foto yang kurang pantas dan menimbulkan keinginan yang negatif bagi orang yang melihatnya. Karena hal itu berpotensi untuk disalahgunakan oleh orang lain sehingga dapat merugikan diri sendiri.

4. Selektif dalam menerima pertemanan

Jika Anda melakukan penerimaan ataupun mengajak pertemanan, alangkah baiknya jika orang tersebut sudah kita kenal dan tahu secara langsung. Ataupun jika melakukan penerimaan ataupun mengajak pertemanan dengan orang yang baru, sebaiknya Anda lihat siapa saja mutual friend antara media sosial anda dengan media sosial orang tersebut.

5. Pikirkan lagi sebelum posting status

Apa yang akan Anda tulis di jejaring sosial tentu akan dibaca oleh banyak orang dan tersebar luas. Sehingga akan berdampak baik ataupun justru merugikan diri sendiri ataupun pihak lain. Maka dari itu lebih baik pikirkan lagi sebelumnya apa yang akan anda posting di media sosial.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X