Jumat, 14 Juli 2017

Okinoshima, Pulau Terlarang Untuk Dikunjungi Perempuan Yang Jadi Warisan Dunia

by Fasya Zulfah
Jumat, 14 Juli 2017
Pulau Okinoshima (foto: BBC)

Pulau Okinoshima di Jepang dianggap sebagai tempat suci yang sangat terlarang untuk dikunjungi kaum perempuan. Namun baru-baru ini, pulau tersebut ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Lalau kenapa Pulau Okinoshima terlarang untuk dikunjungi perempuan? Singkat cerita, di pulau itu terdapat Kuil Okitsu yang dibangun pada abad ke-17 dengan tujuan untuk mendoakan keselematan para pelaut yang berlayar.

Kaum laki-laki harus membuka seluruh pakaiannya ketika memasuki pulau tersebut untuk melakukan ritual pembersihan diri.

Dilaporkan koran Japan Times, seperti dilansir BBC (14/7), sebelum didirikan Kuil Okitsu, Pulau Okinoshima sejak dari dulu sudah digunakan untuk mendoakan kapal-kapal agar selamat, khususnya bagi kapal yang berlayar untuk melakukan perdagangan dengan Korea dan China.

(foto: BBC)

Di pulau ini terdapat sekitar 8.000 artefak yang dibawa dari berbagai negara sebagai persembahan, mulai dari cermin, pedang, dan cincin emas dari Semenanjung Korea.

Sayangnya, pulau ini tidak bebas dikunjungi oleh sembarang orang. Hanya satu hari saja pulau ini boleh dikunjungi dalam setahun, yaitu pada 27 Mei. Jumlah pengunjungnya pun dibatasi, yaitu sekitar 200 orang saja yang boleh berkunjung.

Para pengunjung nantinya diwajibkan untuk melakukan ritual pembersihan diri di laut. Dan yang lebih kontroversialnya lagi, pulau ini hanya boleh dikunjungi laki-laki saja, alias perempuan dilarang di pulau ini.

Meskipun pulau ini sangat terisolasi, tapi ada satu penghuni di pulau tersebut, yaitu seorang pendeta Shinto.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X