Minggu, 16 Juli 2017

Inilah 8 Keuntungan Melakukan Jogging Untuk Kesehatan

Ilustrasi (foto: 99.co)

Jogging atau bisa disebut lari kecil yang dianggap sebagai olahraga yang menyehatkan. Di samping itu, jogging juga termasuk olahraga yang sangat ringan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan bagi yang sudah tua.

Walaupun tergolong ringan, jogging bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti dapat menyehatkan pikiran, menguatkan stamina, dan bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Langsung saja berikut ada 8 manfaat jogging untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui agar lebih rajin lagi joggingnya. Buat yang malas, mudah-mudahan jadi mau jogging sekali-kali.

1. Membuat pikiran jadi rileks

Jogging dapat menghilangkan stress dan melepaskan hormon endorfin yaitu hormon yang dapat mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang, tenang, atau bahagia.

2. Melancarkan pernafasan

Penelitian menyebutan bahwa dengan melakukan jogging akan membantu bernafas terasa lebih lega. Penelitian tersebut dilakukan kepada para penderita asma yang dilatih untuk rutin melakukan jogging selama 3 bulan, dan hasilnya mereka merasa asmanya menjadi jarang kambuh, selain mengurangi efek asma jogging juga dapat memperkuat paru-paru.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Jogging dapat mengurangi resiko terserangnya peyakit pada tubuh kita. Jogging juga dapat memerangi penyakit seperti kanker, stroke, jantung, diabetes, hipertensi, osteoporosis dan tentunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

4. Menurunkan berat badan 

Jogging sejauh 1 mil (1,6 km) dapat membakar sekita 100 kalori pada tubuh kita. Jogging pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin melakukan diet sehat dengan berolahraga, dengan hanya melakukannya secara rutin akan membuat cepat tercapainya program penurunan berat badan.

5. Tulang jadi lebih kuat

Gerakan dalam aktivitas jogging dapat membuat sel-sel tulang lebih cepat bermetabolisme. Bagian tulang yang sering mendapatkan beban akan meningkat kepadatannya sehingga memperkuat tulang dan mengurangi resiko tulang keropos (osteoporosis).

6. Memperbaiki pola tidur

Jogging dapat membantu pola tidur teratur dan tidur lebih nyenyak. Hal ini dikarenakan jogging membantu relaksasi dan memberikan pengaruh positif pada kebugaran mental. Selain membantu relaksasi tubuh, jogging juga dapat memudahkan tubuh kita untuk memperoleh energi kembali.

7. Jantung jadi lebih sehat

Jogging dapat membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) karena jogging dapat melatih otot jantung, melancarkan aliran darah, mengendalikan tekanan darah dan mengurangi kolesterol darah.

8. Membuat penampilan lebih awet muda

Melakukan jogging dapat membuat kamu terlihat lebih muda dan selain itu dapat menjaga fungsi organ tubuh. Penelitian yang dilakukan di Humboldt State University dan University of Coloradi telah menyatakan bahwa para manula memili fungsi tubuh yang terjaga seperti orang yang berusia 20 tahunan karena mereka rajin melakukan jogging.
by Mega Ainul
Minggu, 16 Juli 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X