Senin, 31 Juli 2017

Ini Bahaya Memanaskan Kembali Sayur Bayam

Sayur bayam (foto: thevintagemixer.com)

Bayam termasuk jenis sayuran hijau yang kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, dan kalium. Bayam juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mengatasi kurang darah, menurunkan demam, meningkatkan fungsi ginjal dan masih banyak lagi.

Salah satu cara mengolah bayam agar jadi hidangan yang enak untuk disantap adalah dengan menjadikannya sayur bayam. Sudah tak diragukan lagi kalau sayur bayam sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh. Tapi tahu tidak kalau sayur bayam juga memiliki efek samping yang berbahaya?

Ternyata, sayur bayam bisa berbahaya jika dipanaskan kembali. Apabila sayur bayam sudah didiamkan selama 12 jam lebih, maka sayur tersebut tidak boleh dipanaskan kembali dan harus dibuang. Lho kenapa?

Menurut situs Eufif.org, bayam memiliki kandungan nitrat yang sangat tinggi. Tinggi atau rendahnya kandungan nitrat ini ditentukan oleh tanah tempat bayam tumbuh. Apabila kandungan nitratnya semakin tinggi, maka tingkat bahayanya semakin tinggi pula.

Jika sayur bayam dipanaskan kembali, kandungan nitrat di dalamnya dapat berubah jadi sejenis cairan korosif yang tidak berwarna, dan cairan tersebut merupakan jenis asam beracun yang dapat menyebabkan luka bakar.

Selain itu, nitrat tersebut juga bisa berubah menjadi nitrosamin, senjenis bahan yang menyerupai zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker.

Perubahan nitart tersebut dipicu oleh perubahaan suhu yang terjadi selama proses pemanasan kembali sayur bayam.

Jika sampai dikonsumsi, bahayanya dapat mengurangi kinerja darah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Pada akhirnya darah bisa berhenti membawa oksigen ke seluruh tubuh.
by Fajar Lesmana
Senin, 31 Juli 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X