Minggu, 09 Juli 2017

Ini Alasan Mengapa Kita Merasa Gerah Saat Akan Turun Hujan

Ilustrasi (foto: videezy.com)

Pernahkah kita merasa gerah ataupun kepanasan saat akan turun hujan? Bagaimana hal ini bisa terjadi? Padahal matahari tengah berada dalam posisi tertutup awan mendung.

Singkatnya, rasa panas atau gerah saat akan turun hujan, itu karena kelembaban udara berasosiasi dengan banyaknya uap air di udara, sehingga uap air di sekitar kita berkurang. Ini terjadi karena adanya ekspansi adiabatis di mana uap air bergerak lebih cepat ke atmosfer.

Ekspansi adibatis merupakan fenomena fisis yang melukiskan pergerakan massa udara secara vertikal. Hal ini terjadi karena suhu massa udara di permukaan lebih panas dari lingkungannya. Karena lebih panas maka massa jenisnya menjadi lebih ringan sehingga akan bergerak naik.

Udara panas membawa lebih banyak uap air dibanding udara yang dingin. Dengan begitu, saat udara panas atau mendung semakin naik volumenya,  maka secara bersamaan udara dingin akan menyatu.

Saat semuanya menyatu, mendung akan melepaskan panasnya. Dan panas itu yang kita rasakan sebelum hujan. Saat semua panas itu terlepas, pasti kita merasa udara mulai dingin, dan saat itu lah hujan akan turun. Karena pada dasarnya hujan merupakan uap air yang mengembun.

Selain pelepasan panas dari mendung, rasa gerah ataupun panas sebelum hujan juga disebabkan oleh tingkat kelembapan yang tinggi. Saat itu juga, sebelum hujan uap air akan memenuhi udara di sekitar kita.
by Fujia Fitri
Minggu, 09 Juli 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X