Senin, 31 Juli 2017

Burung Jay, Burung Yang Bisa Menginformasikan Kematian

Burung Jay (foto: allaboutbirds.org)

Burung jay termasuk burung pengicau dari keluarga gagak. Burung ini memiliki penampilan yang lucu dan imut seperti burung pada umumnya. Tapi siapa sangka di balik kelucuannya, burung ini ternyata bisa mengetahui kapan kematian akan datang.

Selain itu, burung ini juga bisa membedakan antara jasad makhluk hidup dan benda mati. Kemampuan misterius burung Jay bukan sekedar mitos belaka, tapi telah dibuktikan oleh ilmuwan.

Menurut para peneliti dari Universitas California di Kota Davis California, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa kecerdasan burung ini sering terbang mendekati mayat dan berkumpul di sekitar mayat sambil mengeluarkan kicauan.

(foto: quotemaster.org)

Para peneliti melakukan uji coba terhadap seekor burung Jay hidup dengan menaruh boneka kayu aneka warna, bangkai seekor burung Jay, boneka burung hantu, dan benda mati lainnya.

Anehnya, burung itu tidak mendekati benda mati dan bahkan tidak berkicau sama sekali ketika berada di dekat benda mati yang menyerupai makhluk hidup. Tapi ketika di dekat bangkai seekor burung Jay, burung ini mulai berkicau.

Pengamatan terhadap burung ini juga dilakukan di alam bebas. Peneliti menemukan kalau kicauan burung Jay dipicu oleh kemaitian. Terbukti dari penemuan peneliti ketika seekor burung Jay berkicau di dekat seekor hewan yang tengah sekarat.

Temuan ini kemudian dipublikasikan dalam Jurnal Animal Behaviour yang mengidentifikasi bahwa burung Jay dapat menginformasikan kematian semua makhluk hidup.

Sumber: Daily Mail
by Fajar Lesmana
Senin, 31 Juli 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X