Senin, 31 Juli 2017

5 Fakta Mengejutkan Lucid Dream Atau Mimpi Yang Disadari

Ilustrasi lucid dream (foto: quora.com)

Biasanya mimpi itu terasa sangat nyata hingga kita tidak sadar bahwa kita sebenarnya sedang bermimpi sampai terbangun. Tapi terkadang orang sadar bahwa mereka sedang bermimpi. Dan dari sana mereka mampu untuk mengendalikan mimpi dan menjadikannya realitas impian mereka yang disebut lucid dream atau mimpi sadar.

Lucid dream terdengar seperti cerita-cerita dalam film Sci-Fi yang tidak masuk akal. Namun perlu diketahui kalau kondisi seperti ini benar-benar nyata dan dapat dialami oleh siapa saja.

Lalu bagaimana bisa mimpi bisa kita kendalikan dan mengapa itu terjadi? Untuk menjawab pertanyaan ini, Susana Martinez-Conde, Ph.D., seorang profesor dan direktur di Laboratory of Integrative Neuroscience di SUNY Medical Center dan Michael Breus, Ph.D., seorang psikolog di American Academy of Sleep Medicine akan memberitahukan jawabannya.

Berikut fakta lucid dream menurut mereka seperti dilansir BuzzFeed.

1. Lucid dream dimulai seperti mimpi normal lainnya

"Mimpi adalah manifestasi visual tak sadar dari informasi dan kenangan yang beredar di kepala kita. Itulah sebabnya semua yang ada di dalam mimpi terasa tidak asing. Secara teknis ada karakter atau tempat baru dalam mimpi, tapi sebenarnya itu adalah penggabungan dari hal-hal yang telah Anda lihat sebelumnya", kata Breus.

"Mimpi adalah ilusi. Kita melihat kenyataan yang tidak ada tapi kita juga tidak bisa membedakan antara virtual dan realitas," kata Martinez-Conde

2. Ketika mengalami lucid dream, Anda menyadari bahwa dunia mimpi tidak nyata

Ketika Anda sadar di dalam mimpi, Anda dapat mengendalikan dan memanipulasi aspek realitas mimpi, menruut Breus.

Lucid dream pertama kali dijelaskan pada tahun 1913 oleh psikiater Belanda, Fredrick van Eeden untuk menceritakan sebuah mimpi di mana dia dapat bertindak secara sukarela dan memiliki kesadaran penuh walaupun dalam keadaan tertidur.

3. Lucid dream tidak sama dengan mimpi buruk

Jika Anda pernah mengalami mimpi buruk d imana Anda menyadari bahwa Anda tidak benar-benar berada dalam bahaya sebelum terbangun, itu bukanlah lucid dream.

"Apa yang membuat mimpi buruk menakutkan adalah kurangnya kontrol, dan ini adalah proses alami yang didorong oleh emosi dan stres," kata Breus.

Jadi ketika Anda terbangun dari mimpi buruk, itu sebenarnya peningkatan detak jantung dan pernafasan Anda dari tekanan mimpi buruk yang membuat Anda terbangun.

Alasan Anda bisa tetap dasar dengan waktu yang begitu lama dalam lucid dream adalah karena realisasinya lebih santai tanpa perubahan yang dramatis seperti apa yang terjadi pada saat Anda terbangun dari mimpi buruk.

4. Lucid dream mungkin hanya keterampilan bawaan

Para ahli sepakat bahwa lucid dream mungkin hanya kemampuan bawaan atau keterampilan alami yang dimiliki beberapa orang saja. "Lucid dreaming belum tentu keuntungan, itu hanya semacam hal aneh yang bisa Anda dapatkan atau tidakm," kata Breus.

5. Tidak ada manfaat nyata selain besenang-senang dan mimpi yang tidak terlupakan

Sejauh ini, tidak ada keuntungan yang terbukti dari lucid dreaming. Tentu ini aneh dan membuka pikiran Anda, namun para ahli memperingatkan untuk tidak terlalu banyak membaca mengenai fenomena ini.
by Hanna Yuliana
Senin, 31 Juli 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X