Minggu, 02 Juli 2017

10 Fakta Mencengangkan Tentang Raja Narkoba Pablo Escobar

Pablo Escobar (foto: providr.com)

Nama Pablo Escobar dikenal sejarah sebagai raja dan gembong narkoba asal Kolombia. Dalam periode akhir tahun 1970-an sampai akhir 1980-an, dia bertanggung jawab atas 80% dari semua kokain yang dibeli di seluruh dunia.

Dalam kata lain, kartel Pablo Escobar adalah pemasok kokain terbesar di dunia pada saat itu, terutama di Amerika Serikat. Hasil penjualan kokain tersebut membuat Escobar jadi orang kaya raya yang melebihi kekayaan Bill Gates.

Selain itu, Escobar dikenal sebagai orang yang kejam dan paling ditakuti. Dia tidak akan segan-segan menyingkirkan siapa saja yang berani mengusik kartelnya. Bahkan, butuh waktu lama bagi pemerintah Kolombia dan Amerika Serikat untuk menyingkirkan sosok raja narkoba ini.

Itu hanyalah beberapa fakta tentang Pablo Escobar yang sudah umum diketahui. Berikut ini ada beberapa fakta mencengangkan lainnya tentang sang raja narkoba itu yang mungkin belum diketahui banyak orang. Simak ulasannya berikut ini yang sudah dihimpun Wow Menariknya dari situs Boredomtherapy.com.

1. Saking kayanya, Pablo Escobar pernah membuat kebun binatang pribadi. Dengan uangnya yang banyak, dia mengisi kebun binatangnya dengan hewan-hewan eksotis, seperti jerapah, kuda nil, gajah, dan hewan lainnya. Sampai sekarang kebun binatang milik Pablo masih ada.

(foto: timetoast.com)

2. Escobar bertanggung jawab atas tewasnya 4000 orang, termasuk 200 hakim, 1000 petugas polisi, jurnalis, dan pegawai pemerintahan.

(foto: fullnetworth.com)

3. Pada tahun 1976, Escobar yang baru berusia 27 tahun menikahi Maria Victoria Henao Vallejo yang baru berusia 15 tahun.

(foto: xpatnation.com)

4. Ketika keluarga Escobar bersembunyi agar tidak ditangkap, putri Escobar, Manuela jatuh sakit. Untuk membuat putrinya tetap hangat, dia membakar uang pecahan senilai dua juta dolar.

(foto: bauermedia.co.uk)

5. Per hari, kartel kokain Escobar bisa menghasilkan uang sebesar $500.000 per hari atau dalam nilai mata uang sekarang setara dengan Rp 6,6 miliar.

(foto: thefactninja.com)

6. Pada akhir tahu 1980-an, pihak berwenang di Kolombia memperkirakan bahwa Escobar memiliki 142 pesawat, 20 helikopter, 32 kapal pesiar, dan 141 rumah.

(foto: miamiherald.com)

7. Untuk menyelundupkan kokain ke AS, Escobar bahkan sempat membeli sebuah kapal selam.

(foto: wlth.com)

8. Walau Escobar sangat kejam, tapi dia dikenal sebagai sosok yang dermawan dan suka membagikan uang kepada warga-warga miskin di Kolombia. Dia juga menyumbangkan uangnya ke rumah sakit, sekolah, dan bahkan punya klub sepak bola sendiri.

(foto: geeksnation.org)

9. Escobar tidak menyimpan uangnya di bank, tapi ia menyimpannya di banyak tempat, termasuk lapangan sepak bola. Bahkan, banyak uangnya yang habis digerogoti tikus.

(foto: imjussyain.co)

10. Saat kematiannya, lebih dari 25.000 warga Kolombia menghadiri pemakaman Escobar yang mereka anggap sebagai sosok Robin Hood karena sudah menolong banyak orang miskin.

(foto: elcolombiano.com)

by Fajar Lesmana
Minggu, 02 Juli 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X