Minggu, 18 Juni 2017

Walau Bikin Ngiler, 5 Makanan Ini Bahaya Disantap Saat Sahur

Mie instan (foto: doktersehat.com)

Saat waktu berbuka puasa, nafsu makan tentu sangat mengairahkan. Berbeda dengan saat sahur, nafsu makan sangat kecil karena keimbas sama ngantuk. Salah satu cara agar semangat makan saat sahur yaitu dengan menyajikan hidangan yang menggiurkan.

Tapi perlu diketahui banyak makanan menggiurkan yang sebenarnya berbahaya jika disantap saat sahur. Perlu diingat, kamu harus memperhatikan asupan nutrisi agar puasa tahan lama, dan juga jangan mengkonsumsi makanan yang bisa membuat tubuh cepat lemas dan haus.

Berikut lima makanan yang dilarang disantap saat sahur walau rasanya enak dan bikin ngiler lidah. Itupun jika puasa kamu ingin lancar.

1. Makanan manis

Kue dan makanan manis sebenarnya tidak boleh disantap saat sahur. Sebab makanan manis mengandung kadar gula tinggi yang bisa membuat perut kembung dan tubuh jadi mudah haus. Kalau rasa haus sudah melanda, bisa jadi puasa kamu batal.

2. Mie instan

Karena tak ada makanan atau malas memasak, beberapa orang lebih memilih menyantap mie instan saat sahur karena sangat praktis. Tapi perlu diperhatikan, mie instan tidak memberikan asupan energi yang cukup untuk berpuasa selama 12 jam lebih. Selain itu, mie instan mengandung kadar garam yang tinggi sehingga membuat kamu cepat merasa haus.

3. Gorengan

Sama halnya dengan mie instan, gorengan juga tidak memberikan asupan energi yang cukup buat puasa. Gorengan justru mengandung banyak minyak yang tentunya bisa membuat tubuh mudah lemas dan haus.

4. Makanan pedas

Saat sahur, perut sebenarnya dalam keadaan kosong. Jika kamu langsung mengkonsumsi makanan pedas saat sahur, nanti kamu bisa sakit perut selama menjalankan puasa. Akibatnya puasa kamu bisa batal.

5. Junk food

Memesan makanan cepat saji atau junk food lebih praktis agar sahur tidak perlu repot memasak. Tapi harus kamu ketahui, junk food tidak mengandung banyak nutrisi dan kaya akan lemak yang bisa membahayakan tubuh jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X