Jumat, 02 Juni 2017

Mengintip Uniknya Cara Membangunkan Sahur Di Indonesia


Bulan Ramadhan menjadi bulan paling dinantikan bagi kaum muslim. Berbuka adalah momen paling dinanti-nanti setiap harinya di bulan suci ini. Tak hanya berbuka, momen sahur juga pasti sangat berkesan di bulan Ramadhan.

Sahur menjadi hal wajib dilakukan bagi yang berpuasa. Terkadang ada saja masyarakat yang kesulitan bangun saat waktu sahur, yang membuat beberapa warga lainnya memiliki ide unik untuk membangunkan warga dengan berbagai macam cara.

Berikut Wow Menariknya menghimpun daftar cara unik warga membangunkan sahur di Indonesia. Mungkin di daerah kalian salah satunya.

1. Buroq - Brebes, Jawa Tengah


Buroq merupakan boneka raksasa berbentuk kuninga berkepala bidadari dan macan kumbang. Bukan hanya membawa buroq, warga juga memainkan musik islami khas pantura saat berkeliling. Kabarnya cara ini cukup efektif membangunkan warga bahkan ada beberapa warga yang ikut memeriahkan arak-arakan ini sampai lagu selesai diputar.

2. Paraga - Makassar


Untuk menarik perhatian warga saat sahur, sekelompok pemuda akan melakukan aksi akrobatik saat waktu menjelang sahur. Sekelompok pemuda tersebut memainkan sepak takraw sambil memutar musik. Yang jadi daya tarik dari aksi ini adalah mereka harus melakukan aksi tersebut sambil terus berjalan, bahkan tak jarang mereka melakukan berbagai gaya seperti membuat piramida manusia.

3. Klotekan - Yogyakarta


Sekelompok pemuda di Yogyakarta sudah bekeliling sejak jam 2 dini hari untuk membangunkan sahur. Mereka akan membawa satu set drum di atas gerobak yang dikaitkan pada sepeda agar mudah untuk ditarik. Tabuhan drum tersebut selain membangunkan warga sahur ternyata bisa sekaligus menghibur warga.

4. Musik traktor sawah - Madiun


Cara unik membangunkan warga Madiun setiap tahun adalah dengan menyalakan musik shalawatan, bukan hanya musik ada juga warga yang menaiki gerobak dan menyanyikan beberapa lagu sampai suaranya terdengar ke seluruh kampung. Gerobak yang diikatkan pada traktor sudah menjadi 'alat tempur wajib' yang digunakan warga setiap tahun untuk membangunkan sahur.

5. Patroli Canmacan - Situbondo


Kesenian Canmacan khas Situbondo, Jawa Timur, jadi kebiasaan untuk membangunkan waga sahur. Canmacan merupakan kesenian yang terdiri dari replika harimau raksasa dengan ondel-ondel yang diiringi musik. Ternyata banyak warga yang menonton karnaval Canmacan ini setelah bangun sahur.

6. Polisi Bermain Daul - Madura


Jika biasanya warga atau sekelompok pemuda masjid yang membangunkan warga sahur, di Madura justru para polisi yang tengah berpatrolilah yang membangunkan warga sahur. Para polisi ini biasanya memainkan musik saat berpatroli. Selain membangunkan warga, para polisi ini juga sekaligus berpatroli untuk mencegah adanya balapan liar selama bulan Ramadhan.

7. Pocong Patroli - Banyuwangi


Warga kampung di Banyuwangi punya cara kreatif untuk membangunkan sahur. Jika cara-cara sebelumnya menggunakan musik saat berkeliling membangunkan sahur, warga Banyuwangi memilih menggunakan cara cukup seram yakni mereka akan memakai mukena milik istri mereka ditambah dengan menggunakan riasan dengan bedak putih. Cara ini ternyata tidak membuat warga ketakutan justru terhibur dengan aksi para pocong gadungan saat membangunkan sahur. 
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X