Selasa, 27 Juni 2017

Kenali Jenis-Jenis Email Yang 'Haram' Dibuka

by Fajar Lesmana
Selasa, 27 Juni 2017

Banyak cara virus menginfeksi komputer Anda, mulai dari tautan yang tidak sengaja ke klik, melalui situs film esek-esek, atau mengunduh aplikasi bajakan. Namun selain itu, virus komputer juga bisa menyebar melalui email.

Email dianggap sebagai jalan penyebar virus paling ampuh. Buktinya saja Anda pasti sering menemukan email aneh yang nyasar ke email Anda. Hati-hatilah jika menemukan email yang tidak jelas, kemungkinan besar email tersebut mengandung muatan virus berbahaya.

Biasanya dalam email abal-abal itu mengandung link berisi virus, yang jika diklik, komputer atau smartphone Anda akan mengunduh berkas yang mengandung virus, atau Anda akan diarahkan ke situs yang juga mengandung virus. Setelah itu, virus akan dengan mudah menginfeksi komputer atau smartphone Anda.

Untuk menghindari virus yang biasa menginfeksi melalui email, Anda harus tahu email jenis apa saja yang mengandung virus. Berikut ulasannya.

1. Email kadaluarsa

Anda jangan sekali-kali mengeklik tautan email yang menyatakan bahwa akun Anda telah kadaluwarsa dan harus diperbaharui. Sebab email ini mengandung virus yang bisa mencuri data-data dalam komputer Anda.

2. Email pemberitahuan terinfeksi virus

Mungkin Anda pernah menerima email yang berisi pemberitahuan bahwa smartphone atau komputer Anda terinfeksi virus. Waspadalah, bisa dipastikan kalau email tersebut sepenuhnya abal-abal.

3. Email konfirmasi keamanan

Jenis email yang satu ini jangan langsung Anda tanggapi. Pertama lihatlah apakah email tersebut berasal dari sumber yang benar atau tidak. Jika tidak, berarti email tersebut ingin Anda memasukan data-data penting Anda untuk verifikasi akun.

4. Email hadiah

Apakah Anda pernah menerima email pemberitahuan bahwa Anda telah memenangkan hadiah? Jangan langsung percaya dan mengeklik tautan yang ada. Bisa jadi email tersebut adalah trik hacker untuk menyebarkan virus.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X