Selasa, 13 Juni 2017

5 Penemuan Mutakhir Yang Ditemukan Tokoh Islam

Abbas Ibnu Firnas (foto: ilmfeed.com)

Berbicara mengenai teknologi, alat, dan kecanggihan, sepintas teringat ungkapan dari Professor Salim al-Hassani, ketua Foundation for Science, Technology, and Civilsation. Beliau mengungkapkan bahwa banyak penemuan penting yang bermanfaat dalam kehidupan yang justru ditemukan oleh Muslim.

Namun kebanyakan orang malah mengetahui penemuan itu ditemukan oleh orang-orang Barat. Padahal sebenarnya, banyak penemuan penting yang bermanfaat hingga sekarang yang sebenarnya ditemukan oleh orang Muslim. Menurut beberapa ahli sejarah, penemuan orang Muslim tersebut ditiru danbahkan dicuri oleh orang Barat untuk dikembangkan.

Dari sekian banyak penemuan yang ditemukan orang Islam, berikut 5 penemuan paling mutakhir yang sebenarnya ditemukan oleh tokoh Muslim menurut Professor Hassani.

1. Universitas

(foto: shutterstock.com)

Perguruan tinggi atau universitas pertama ternyata ditemukan oleh seorang wanita bernama Fatima al-Firhi pada tahun 859 M. Ia mendirikan universitas yang berada di Maroko yaitu Universitas Al Quaraouiyine. Hebatnya universitas tersebut masih ada dan beroprasi hingga sekarang. Melalui universitas ini, Hassani berharap agar orang-orang bisa diingatkan bahwa pembelajaran adalah inti dari tradisi yang dimiliki Islam.

2. Sikat Gigi

(foto: ,iswakStick.com)

Keberadaan sikat gigi ini sangat premier bagi setiap orang, hampir semua orang di dunia menggunakan alat ini. Hassani mengungkapkan pendapatnya bahwa Nabi Muhammad SAW adalah orang pertama yang mempopulerkan penggunaan sikat gigi.

Sekitar tahun 600 M, Nabi Muhammad menggunakan ranting dari pohon miswak atau biasa kita dengar siwak untuk membersihkan giginya dan menyegarkan nafas beliau. Ternyata sampai sekarang, para ilmuwan menggunakan senyawa yang mirip dengan siwak yang digunakan sebagai pasta gigi modern.

3. Alat Terbang

(foto: itmusmedia.com)

Di dunia selalu membesar-besarkan nama Wright Bersaudara ketika terkait dengan penemuan pesawat terbang. Akan tetapi, Hassani mengatakan bahwa orang pertama yang mencoba untuk menciptakan mesin terbang dan benar-benar terbang adalah Abbas Ibnu Firnas.

Firnas yang lebih dulu hidup pada abad ke-9 dideskripsikan oleh ahli sejarah Maroko, Ahmed Mohammed al-Maqqari, telah merancang sebuah alat bersayap yang menyerupai kostum burung. Firmas sempat terbang kemudian beberapa saat sebelum jatuh ke tanah dan mematahkan punggungnya. Percobaan ini dilakukan di Cordoba, Spanyol.

4. Operasi

(foto: ahlikanker.com)

Teknik medis yang satu ini pertama kali dipraktikan pada tahun 1000 oleh seorang dokter terkemuka yang bernama Al-Zahrawi. Beliau mempublikasikan sebuah ensiklopedia 500 tahun lamanya di benua Eropa. Sebagai seorang pencipta teknik operasi, Zahrawi juga menjadi yang pertama untuk menggunakan usus kucing sebagai benang operasi.

5. Kopi

(foto : pinterest.com)

Hassani bercerita bahwa meskipun kini popularitas kopi paling tinggi berada di Eropa, namun kenyataanya biji kopi pertama kali diseduh untuk diminum di Yamen pada abad ke-9. Minuman energi yang alami ini digunakan oleh kaum Sufi untuk menjaga rasa tidak kantuknya ketika berdoa pada malam hari.
by Fasya Zulfah
Selasa, 13 Juni 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X