Senin, 05 Juni 2017

5 Kecelakaan Paling Mahal Yang Sebabkan Kerugian Besar

Bencana nuklr Chernobyl (foto: ohfact.com)

Yang namanya kecelakaan bisa terjadi kapan dan di mana saja tanpa diduga-duga. Tak jarang kecelakaan banyak menelan korban jiwa dan menyebabkan kerugian materi yang tentu tak sedikit.

Di dunia ini, tercatat ada beberapa kali kecelakaan yang menyebabkan kerugian sangat besar hingga mencapai ribuan triliun rupiah. Berikut dilansir Wow Menariknya dari Most Luxuriouslist, lima kecelakaan paling mahal yang sebabkan kerugian sangat besar.

1. Bencana Nuklir Di Chernobyl

(foto: stateofthenation2012.com)

Pada tahun 1986 silam, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Kota Chernobyl, di Ukraina Utara, meledak dan menyebabkan lebih dari 200.000 orang meninggal dunia, dan 1,7 juta warga keracunan radiasi. Kerugian akibat bencapa nuklir ini ditaksir mencapai $200 miliar atau sekitar Rp 2.666 triliun.

Hingga sekarang Kota Chernobyl masih jadi kota hantu yang ditinggalkan oleh penduduknya. Tidak ada yang mau tinggal di sana karena takut keracunan radiasi.

2. Kecelakaan Pesawat Ruang Angkasa Space Shuttle Columbia

(foto: squarespace.com)

Pesawat ruang angkasa pertama milik NASA, Space Shuttle Columbia, mengalami kecelakaan saat kembali masuk ke orbit Bumi melalui Texas pada 1 Februari 2003. Karena pesawat ini dilengkapi teknologi yang canggih, NASA memperkirakan kecelakaan ini menalan kerugian sebesar $13 miliar atau sekitar Rp 173 triliun.

3. Kecelakaan Kapal Pembawa Minyak Prestige

(foto: gcaptain.com)

Kapal tanker Prestige membawa minyak sekitar 77.000 ton pada 13 November 2002. Namun malang, kapal ini dihantam badai saat dalam perjalanan dan menumpahkan hampir seluruh minyak ke laut. Kerugian akibat insiden ini, termasuk minyak dan biaya pemberseihan area yang terkena dampak, diperkirakan mencapai $12 miliar atau sekitar Rp 160 triliun.

4. Ledakan Pesawat Ruang Angkasa Challenger

(foto: popularmechanics.com)

Pesawat ruang angkasa Challenger Space Shuttle meledak pada 28 Januari 1986 yang menyebabkan tujuh orang awaknya meninggal dunia. Ledakan dipicu karena tangki eksternal yang bermuatan hidrogen cair meledak. Kerugian akibat ledakan ini diperkirakan mencapai $2 miliar atau Rp 26,6 triliun.

5. Kebakaran Rig minyak Piper Alpha

(foto: wikipedia.org)

Tepat pada 6 Juli 1988, rig minyak Piper Alpha mengalami kebakaran yang disebabkan oleh kesalahan teknis. Akibat kebakaran ini, rig minyak Piper Alpha runtuh dan menewaskan 167 pekerja. Kerugian akibat insiden ini ditaksir mencapai $3,4 miliar Rp 45,3 triliun.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X