Senin, 08 Mei 2017

Waspada! Serpihan Busi Bisa Pecahkan Kaca Mobil Tanpa Mengeluarkan Suara


Mobil sering dijadikan sasaran pencurian oleh para pelaku kejahatan. Meski sekarang kaca mobil tidak mudah dipecahkan, tapi para pencuri tidak kehabisan akal mencari cara memecahkan kaca mobil untuk mencuri barang-barang berharga di dalamnya atau bahkan mencuri mobilnya langsung.

Bagi para pemilik kendaraan roda empat, sebaiknya berhati-hati karena ada modus pencurian mobil dengan menggunakan serpihan busi atau keramik busi (bagian isolator berwarna putih). Di Amerika, para pelaku pencurian yang menggunakan keramik busi sering disebut Ninja Rock karena tidak menimbulkan suara keras dan dapat dengan mudah memecahkan kaca mobil.

Modus pencurian seperti ini dipercaya sudah ada sejak tahun 2003 lalu hingga sekarang dan sudah menelan banyak korban. Lalu kenapa serpihan busi bisa memecahkan kaca mobil dengan mudah dan tanpa mengeluarkan suara?

Menurut sebuah artikel yang dipublikasikan oleh The American Ceramic Society, seperti dikutip dari Elitereaders, serpihan busi berwarna putih atau istilahnya alumunium oxide ceramic, memiliki fragmen keramik yang sangat kecil, tajam, dan keras yang dapat menembus tekanan residu kaca.

Ketika serpihan busi itu dilempar ke kaca mobil, dalam sekejap kaca mobil akan retak dan retakan tersebut akan segera menyebar dan membuat kaca mobil jadi rapuh. Sehingga tidak akan mengeluarkan suara yang keras ketika kaca pecah.

Menurut Agus Tan, GM Sales & Marketing PT NGK Busi Indonesia, alumunium oxide ceramic mempunya tingkat kekerasan 9 Skala Mohs, atau setingkat di bawah intan (10 Skala Mohs). Sementara kaca mobil yang umumnya berasal dari batu kwarsa hanya mempunyai tingkat kekerasan 6,5 Skala Mohs, masih di atas besi atau platinum yang memiliki tingkat kekerasan sebesar 4,5 Skala Mohs.

Jadi cukup sulit memecahkan kaca mobil dengan besi atau platinum, tapi sebaliknya hanya dengan serpihan busi yang kecil, kaca mobil bisa pecah dengan mudah.

Lihat videonya di bawah ini:

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X