Minggu, 14 Mei 2017

Terkuak Penemu Nama Indonesia, Siapakah Dia?


Nama Indonesia sudah ada jauh sebelum para penjajah datang ke negeri ini. Meski Indonesia sudah lama merdeka, tapi dijamin kalian pasti tidak tahu siapa penemu nama Indonesia.

Penemu nama Indonesia pertama adalah James Richardson Logan dan George Samuel Windson Earl. Dikutip dari Liputan6, nama Indonesia diusulkan pertama kali oleh Earl dalam jurnal karangannya yang berjudul "Journal of  The Indian Archipelago and Eastern Asia" volume IV tahun 1850.

Namun sebelum memberikan nama Indonesia, Earl sempat memilih nama Malayaunesia yang karena kebanyakan orang Indonesia merupakan ras Melayu.


Tapi Logan lebih memilih nama Indunesia karena nama itu lebih cocok untuk Indian Island atau Indian Archipelago. Hingga akhirnya nama Indunesia dipilih, tapi huruf "U" diubah jadi "O" sehingga jadi Indonesia.

Nama Indonesia berasal dari bahasa Yunani , yakni "Indo" dan "Nesie" yang artinya kepulauan Hindia.

Sementara nama Nusantara berasal dari bahasa Jawa Kuno, nusa artinya pula dan antara berarti berhubungan. Jika disatukan Nusantara berarti rangkaian pulau-pulau. Julukan tersebut diberikan karena Indonesia memang terdiri dari pulau-pulau yang terpisah oleh lautan.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X