Minggu, 28 Mei 2017

Manfaat Rahasia Berpuasa Yang Jarang Diketahui


Ketika seseorang Muslim memasuki bulan suci Ramadhan, tentu mereka diwajibkan untuk berpuasa alias menahan rasa lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Kebanyakan dari kita menganggap kalau puasa itu hanya menahan rasa lapar dan haus saja. Padahal lebih dari itu, ada tujuan lain dari puasa. Disamping mendapatkan pahala, puasa juga memiliki manfaat yang jarang diketahui orang Muslim.

Berikut beberapa manfaat rahasia dari berpuasa yang jarang diketahui banyak orang, tapi Anda sudah mendapatkannya walau tak sadar.

1. Mencegah Serangan Penyakit

Ibadah puasa merupakan sarana yang paling baik dan ampuh untuk mencegah dari segala penyakit dan gangguan kesehatan pada tubuh akibat kebiasaan makan yang berlebihan dan berkaitan sepanjang hari. Menurut penelitian dari para ahli, puasa merupakan cara terbaik dalam mencegahan tubuh dari serangan berbagai penyakit. Dengan berpuasa juga dapat menjadi sarana terapi untuk penyembuhan terhadap beberapa penyakit kronis.

2. Performa Kinerja Organ Tubuh Meningkat

Organ vital yang ada dalam tubuh mampu ditingkatkan dengan melakukan ibadah puasa. Ibadah ini juga dapat meremajakan komponen-komponen sel dasar dan energi yang tersimpan di dalamnya sehingga menjadikannya lebih kuat dan lebih mampu menghadapi hal-hal berat seperti halnya keadaan darurat saat tubuh mengalami pasokan makanan yang sedikit atau tidak mendapat pasokan makanan sama sekali dalam waktu tertentu.

3. Membantu Proses Anabolisme dan Katabolisme

Proses anabolisme dan katabolisme terangkum menjadi satu saat menjalankan ibadah puasa. Dengan adanya proses tersebut, akan menjadikan pasokan glukosa sebagai satu-satunya bahan bakar untuk sel otak dan sebagai bahan bakar utama seluruh jaringan lainnya.

4. Pengontrol Gejolak Seksual

Manfaat rahasian puasa yang terbaik menurut penelitian ilmiah yaitu mampu mengontrol dari gejolak seksual yang tinggi di kalangan remaja. Dengan berpuasa pastinya mereka berusaha menahan hasratnya untuk tidak melakukan hal-hal yang membatalkan ibadah puasanya.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X