Jumat, 26 Mei 2017

Hati-Hati! Jangan Lakukan 6 Hal Ini Jika Tak ingin Smartphone Mudah Rusak

(foto: softteach.org)

Kehadiran smartphone di tengah-tengah manusia modern berdampak sangat besar. Utamanya sistem operasi Android yang mengalami sukses besar sejak 8 tahun lalu. Hampir semua orang sekarang menggunakan smartphone untuk beragam alasan. Mulai dari sekadar berkomunikasi, suka dengan kamera yang canggih, hingga kebutuhan akan internet yang tinggi.

Hanya dengan bermodalkan saldo pulsa, kita bisa menggunakan smartphone untuk berbagai hal yang kita suka dan inginkan. Namun sayangnya, rata-rata penggunaan smartphone ini tidak diimbangi dengan kesadaran yang baik.

Banyak pengguna smartphone yang sadar atau tidak sadar melakukan kebiasan buruk dan berisiko merusak. Maksudnya, sebagus apa pun smartphone yang dimiliki biasanya tidak akan awet, jika kamu terus-menerus melakukan 7 kebiasaan ini. Untuk itu, yuk hindari!

Sembarangan menghubungkan smartphone dengan WiFi Umum

Semakin ke sini WiFi umum makin mudah dijumpai. Kita bisa menemukannya di taman bermain, di kafe, di mall, dan seterusnya. Jika smartphone kita bisa terkoneksi dengan WiFi ini tentu sangat membahagiakan. Kita bisa melakukan beragam kegiatan seru, tanpa perlu takut kehabisan kuota data. Setuju?

Ya, benar WiFi umum memberikan banyak keuntungan. Apalagi jika sinyal WiFi kencang dan bisa gratisan berlama-lama. Namun, kamu perlu tahu bahwa kebiasaan ini berisiko merusak smartphone. Apalagi, jika kamu sembarangan menggunakan WiFi umum. Data-datamu rentan dicuri hacker jahat dan bisa saja merusak smartphone kesayanganmu.

Jadi, mulai sekarang lebih selektif mengggunakan WiFi umum. Jauh lebih aman kamu menggunakan kuota data pribadi yang murah dan banyak bonusan. Contohnya seperti paket internet Axis. Kamu pun bisa top up dengan mudah dan cepat di https://www.traveloka.com/connectivity/paket-internet/axis.

Menggunakan Smartphone Saat Sedang Mengisi Daya Baterai

Siapa yang suka menggunakan smartphonenya, saat sedang mengisi daya baterai? Jika kamu salah satunya, yuk hindari kebiasaan ini. Apalagi bila penggunaan itu untuk bermain game, streaming video, atau aktivitas berat lainnya.

Rasanya memang tanggung dan menganggu saat sedang asyik menggunakan smartphone, tapi baterai habis. Namun lebih baik kamu menahan diri daripada smartphone mudah rusak. Kebiasaan buruk ini berdampak menurunkan kualitas baterai lebih cepat, alias umur baterai akan singkat.

Enggan Update Aplikasi dan OS

Cukup banyak pengguna smartphone yang mengabaikan update aplikasi atau OS. Alasannya takut memakan banyak kuota. Padahal, hal ini sangat penting karena update tersebut bisa menambal celah di sistem, sehingga lebih aman dari serangan virus atau hacker.

Jauh lebih baik kamu segera update, jika sudah ada perintah atau notifikasi dari smarphone. Kamu bisa segera mencari sinyal WiFi atau menggunakan paket internet Axis yang murah meriah. Pastikan kuota masih banyak dan bila ragu bisa isi ulang terlebih dahulu di gerai online Traveloka.

Menyimpan Smartphone di Celana Ketat

Saku celana adalah salah satu tempat favorit menyimpan smartphone. Namun lebih kamu lebih selektif dalam meletakkannya. Simpan smartphone di saku yang longgar dan celana berbahan halus.

Alasannya, celana jeans yang ketat bisa membahayalan layar smartphone. Sensitivitas layar bisa berkurang karena gesekan yang sering terjadi saat bergerak, mudah tergores, dan memiliki bahaya kesehatan bagi pria.

Asal Instal Aplikasi Bajakan

Alasan orang menginstal aplikasi bajakan biasanya karena gratis, mudah, dan cepat didapatkan. Namun, kebiasaan satu ini akan merusak smartphone kamu. Termasuk, kebiasaan install dan uninstall aplikasi-aplikasi di toko resmi maupun non resmi.

Alasannya, sejumlah aplikasi saat ini ada yang ditanam malware. Virus berbahaya yang bisa mencuri data dan merusak sistem kerja smartphone kamu. Untuk itu, jelilah saat hendak menginstal aplikasi demi keamanan diri sendiri. Keuntungan tambahan, jika kamu selektif dalam menginstall aplikasi ialah bisa menghemat paket internet axis kamu.

Ngeroot Sistem Android

Alasan pengguna smartphone ngeroot ialah untuk menghilangkan keterbatasan dan lebih leluasa mendapatkan fitur baru yang menarik. Tapi sayangnya, tindakan ini cukup berisiko dan membahayakan.

Pertama, rooting bisa menghanguskan masa garansi. Kedua, proses modifikasi saat root juga bisa berakibat smartphone mati total bila salah instal atau hapus. Jadi, pikirkan dengan bijak sebelum memutuskan satu hal ini.

Itulah sejumlah kesalahan dalam penggunaan smartphone yang berisiko, tapi sering dilakukan masyarakat. Jika kamu salah satunya, belum terlambat untuk mengubah kebiasaan demi kebaikan diri sendiri.
by Fajar Lesmana
Jumat, 26 Mei 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X