Rabu, 17 Mei 2017

Bukan Air, 5 Planet Ini Memiliki Hujan Yang Mengerikan

(foto: its-interesting.com)

Secara garis besar, di planet Bumi hanya ada beberapa tipe hujan, mulai dari hujan air, hujan salju, dan kadang hujan es. Semua jenis hujan yang ada di planet Bumi umumnya tidak membahayakan kehidupan di dalamnya. Lalu seperti apa hujan di planet lain?

Yang jelas hujan di planet lain jauh berbeda dengan hujan yang ada di Bumi. Hujan di planet lain kebanyakan sangat berbahaya, sepeti hujan kaca, hujan batu, hujan asam sulfat, hingga hujan berlian. Bayangkan jika hujan seperti itu ada di Bumi, mungkin setiap kali terjadi hujan banyak yang akan meninggal.

Penasaran seperti apa hujan di planet lain? Dilansir dari Mother Nature Network (MNN), berikut lima planet yang memiliki hujan mengerikan yang sejauh ini sudah diketahui para ilmuwan. Setelah membaca artikel ini, Anda pasti bersyukur bisa tinggal di planet Bumi.

1. Hujan Batu Di Planet COROT-7b

(foto: livejournal.com)

COROT-7b merupakan nama untuk planet raksasa yang dijuluki dunia berbatu. Diberi julukan tersebut, lantaran di planet ini semua jenis cuacanya mengandung batu, termasuk hujan. Atmosfer planet ini bahkan terdiri bahan-bahan yang sama dengan batu yang ada di Bumi, seperti natrium, klium, besi, silikon, dan monoksida. Jadi tak heran ketika hujan, yang turun bukanlah air melainkan batu.

2. Hujan Metana Cair Di Titan

(foto: huffingtonpost.com)

Saturnus memiliki bulan bernama Titan yang memiliki banyak kesamaan dengan Bumi. Di Titan ada gunung berapi, angin, dan juga hujan. Meski hujan di Titan sama-sama cair, tapi cairan yang diturunkan hujan bukan berupa air melainkan metana cair yang terjadi setiap 1000 tahun sekali.

3. Hujan Asam Sulfat Di Planet Venus

(foto: wikipedia.org)

Di Bumi, hujan asam kadang terjadi tapi tidak dalam kadar yang sangat membahayakan. Namun lain lagi dengan di planet Venus, di mana hujan asam sangat sering terjadi di sana. Awannya saja terbuat dari asam sulfat yang terbentuk ketika air di atmosfer bergabung dengan sulfur dioksida. Akan tetapi, hujan asal sulfat di Venus jarang yang sampai ke permukaan tanah.

4. Hujan Kaca Di Planet HD189733b

(foto: spacenews.com)

Planet ini disebut-sebut planet alien yang memiliki jarak 63 tahun cahaya dari Bumi. Menurut ilmuwan, planet ini memiliki warna biru yang indah. Dan ternyata warna biru tersebut dihasilkan dari hujan kaca yang terjadi di planet tersebut. Meski terlihat adem, tapi planet ini merupakan yang terdekat dengan matahari nya, suhunya saja mencapai 1.800 Fahreinheit.

5. Hujan Berlian Di Planet Jupiter Dan Saturnus

(foto: scitechdaily.com)

Jika ingin kaya raya, kalian harus pergi ke planet Jupiter atau Saturnus. Pasalnya di sana ada hujan berlian yang sering terjadi. Berlian tersebut terbentuk ketika badai petir mengubah metana di atmosfer menjadi karbon, yang kemudian menyatu sehingga menciptakan grafit. Karena tekanan, grafit yang sudah terbentuk akan dikompresi dan jadilah hujan berlian.

Menurut Dr Kevin Baines dari NASA Jet Propulsion Laboratory, berlian-berlian yang dihasilkan rata-rata memiliki diameter satu sentimeter dan cukup besar untuk dijadikan cincin. Namun, jika berlian mencapai kedalaman yang rendah, mereka akan mencair.
by Fajar Lesmana
Rabu, 17 Mei 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X