Sabtu, 13 Mei 2017

Benarkah Air Minum Kemasan Mengandung Fluoride Berbahaya?

(foto: irishtime.com)
Segala sesuatu di bumi ini erat kaitannya dengan bahan-bahan kimia. Hanya saja bahan kimia ini ada yang memang alami dan ada juga buatan manusia. Hanya saja kadar zat kimia yang bersinggungan dengan manusia sehari-hari sudah memiliki batasan agar tak berbahaya.

Beberapa waktu lalu sempat beredar kabar bahwa air minum kemasan mengandung zat fluoride yang berbahaya. Isu ini diperkuat setelah adanya penelitian oleh Universitas Harvard. Dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa zat fluoride dapat mengganggu kecerdasan anak namun dalam jumlah di luar batas aman.

Bila takaran fluoride disesuaikan maka tidak akan mengganggu kesehatan. WHO sendiri telah membuat batasan berapa banyak kandungan fluoride yang boleh terkandung dalam air minum kemasan.

Menurut peraturan Menteri Kesehatan dalam satu liter air kemasan hanya diperbolehkan terkandung 1,5 mg fluoride.

Angka diisyaratkan oleh Menteri Kesehatan maupun WHO telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat akan gizi. Zat fluoride ini sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh sebagai mineral.

Penelitian mengenai fluoride yang dapat mempengaruhi IQ ini memang belum dapat dipertanggungjawabkan karena penelitian tersebut dilakukan di China, namun bisa dipastikan air minum kemasan yang ada di bawah pengawasan BPOM aman dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.
by Chalista Tamara
Sabtu, 13 Mei 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X