Sabtu, 27 Mei 2017

5 Negara Yang Memiliki Cara Unik Menyambut Ramadhan


Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang kedatangannya sangat dinanti-nanti oleh setiap Muslim sejati. Di Indonesia sendiri, banyak cara unik yang dilakukan masyarakatnya untuk menyambut bulan suci ini.

Tidak hanya di Indonesia yang memiliki cara unik untuk menyambut bulan Ramadhan. Di beberapa negara di belahan dunia, setiap warga yang beragama Islam juga memiliki cara tersendiri untuk menyambut bulan Ramadhan. Kegiatan ini memang rutin dilakukan setiap tahunnya sebagai bentuk ungkapan perasaan senang akan kedatangan bulan Ramadhan.

Langsung saja, berikut Wow Menariknya menghimpun kegiatan unik menyambut Ramadhan dari berbagai negara.

1. Italia


Di belahan bumi Eropa, umat Muslim di sana menjadi kaum yang masih tergolong minoritas. Akan tetapi umat muslim di Italia, tepatnya umat muslim di La Grande Mosche (Masjid Agung di Roma), tak mau ketinggalan saat bulan Ramadhan tiba. Masyarakat di sana menyambut bulan yang suci ini dengan memasak berbagai makanan yang serba manis.

2. Jepang


Jepang merupakan negara yang mayoritas warganya memeluk agama Shinto, sedangkan umat Muslim di sana masih sangat sedikit. Meskipun demikian, tapi umat Muslim di Jepang menyambut Bulan Ramadhan dengan penuh suka cita, yaitu dengan menyusun kegiatan selama Ramadhan. Mereka juga menerbitkan jadwal puasa kemudian menyebarkannya ke rumah-rumah jamaahnya, restoran halal, dan juga masjid-masjid yang ada di Jepang.

3. Albania


Semangat Ramadhan yang dimiliki umat Muslim di Albania sangat besar. Mereka memiliki cara unik untuk menyambut bulan penuh berkah ini. Umat muslim di Albania menggelar kesenian alat musik yang bernama lodra. Alat musik ini hampir sama dengan bedug yang ada di Indonesia, bedanya lodra menggunakan dua buah tabung dan penabuhnya juga terdiri dari dua buah stik yang menghasilkan bunyi berbeda jika dibunyikan bersama-sama.

4. Mesir


Umat Muslim di Kairo Mesir menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan memasang lampu tradisional yang mereka sebut dengan lampu fanus. Cara unik ini telah berlangsung sejak dinasti Fattamiyah yang memasang lampu fanus untuk menyambut kedatangan pasukan Rada yang berkunjung ketika bulan Ramadhan.

5. Perancis


Mayoritas umat Islam di Perancis memang berasal dari imigran Arab yang tinggal di Couronne. Mereka memiliki cara unik ketika menyambut bulan Ramadhan. Mereka menyambutnya dengan berbelanja berbagai macam makanan dan pernak-pernik khas Ramadhan. Biasanya mereka membelinya di kawasan jalan Jean-Pierre Timbaud yang merupakan tempat paling terkenal menjual berbagi pernak-pernik Ramadhan.
by Fasya Zulfah
Sabtu, 27 Mei 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X