Senin, 24 April 2017

Rumah Yang Terlalu Bersih Justru Merugikan Anak-Anak?

Ilustrasi (foto: firmaden.ru)

Jika Anda berpikir bahwa kebersihan rumah yang sangat ekstra sangat baik bagi pertumbuhan anak Anda, hal ini justru salah.

Hal tersebut diungkapkan oleh dua orang peneliti yang menyelidiki mikrobiome, Drs John Gilbert dan Rob Knight.

Kedua peneliti sekaligus penulis buku yang juga merupakan orang tua menjelaskan bagaimana kuman dan kotoran bisa melindungi anak-anak dari penyakit tapi juga kondisi rumah yang terlalu bersih memapu melemahkan sistem imun.

Hipotesis higenis yang semakin populer mengatakan bahwa beberapa paparan terhadap kuman dan mikroorganisme pada usia dini sebenarnya sangat baik karena bisa membantu membangun sistem imun.

Dikatakan juga beberapa kondisi dan penyakit seperti asma, eczema, demam dan diabetes anak melonjak pada anak-anak yang tak pernah bermain tanah atau bersama binatang.

Tubuh yang tak terbiasa terpapar kuman atau kotoran sejak dini membuat sistem imun tidak belajar bagaiman menontrol reaksinya terhadap kotoran dari luar seperti debu dan pollen.

Dalam Dirt is Good, Drs Gilbert mengungkapkan bahwa selama 150 tahun terakhir setelah manusia paham bahwa mikroba dapat menyebabkan penyakit, sudah ada upaya untuk menyingkirkan semua tipe fungsi, virus dan bakteri dari tubuh.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X