Rabu, 26 April 2017

Pulau Terpadat Di Dunia Ternyata Ada Di Indonesia, Tapi Bukan Jawa

Pulau Bungin (foto: travellingyuk.com)

Indonesia dianugrahi ribuan pulau dengan keunikan, sumber daya dan daya pikatnya masing-masing. Ada yang terkenal karena keelokan pantainya, sampai ada yang terkenal karena dikelilingi gunung-gunung menjulang yang menabjubkan.

Dari banyaknya barisan pulau yang terbentang dari Sabang hingga Merauke, ternyata ada satu pulau yang dinobatkan sebagai pulau terpadat di dunia yang terletak di Indonesia. Pulau apakah itu?

(foto: dreamindonesia.me)

Adalah Pulau Bungin, sebuah pulau kecil yang letaknya tidak terlalu jauh dari Sumbawa di Nusa Tenggara Barat. Meski ukuran pulau ini terbilang kecil, tapi pulau ini merupakan pulau yang padat penduduk.

Jika dilihat, bagian atas pulau dipenuhi rumah penduduk hingga tak terlihat ada lahan kosong pada pulau tersebut. Luas pulau ini sekitar 1,5 kilometer persegi, namun penghuninya mencapai 4.500 jiwa.

(foto: kemendesa.go.id)

Dengan perbandingan luas dan penghuni pulau, bisa diperkirakan satu kotak ukuran meter persegi diisi kurang lebih 30 orang.

Inilah yang menjadikan Pulau Bungin menjadi pulau terpadat, jika kita bandingkan dengan Jakarta yang tingkat kepadatannya adalah 15ribu per kilometer persegi atau sama dengan 10 orang per meter persegi.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X