Sabtu, 08 April 2017

Bahaya, Jangan Mengkonsumsi Nasi Yang Dihangatkan Kembali!

Ilustrasi (Foto: wisegeek.com)

Nasi merupakan makanan pokok yang kita santap setiap hari. Mengkonsumsi nasi yang hangat memang terasa nikmat, hal inilah yang membuat kebanyakan dari kita menghangatkan nasi saat nasi mulai dingin atau saat ingin dikonsumsi di waktu berikutnya.

Namun ternyata menkonsumsi nasi yang dihangatkan kembali justru mampu mengundang masalah pencernaan hingga penyakit serius. Sama halnya seperti mengkonsumsi daging yang tidak dimasak dengan baik, nasi yang dihangatkan kembali pun dapat membuat seseorang keracunan.

Nasi memiliki spora yang ada dalam bakteri berbahaya Bacellus Cereus. Spora bakteri tersebut akan tumbuh dengan cepat pada nasi di suhu kamar setelah dipanaskan.

Bakteri ini akan memproduksi toksin yang dapat menyebabkan muntah dan diare. Jika didiamkan terus menerus, bakteri ini dapat memicu penyakit serius.

Untuk menghindari masalah kesehatan dan pencernaan akibat dari toksin nasi ini adalah sebaiknya jangan menyisakan nasi. Atau memang jika terpaksa, Anda bisa menyimpan nasi di dalam kulkas setelah nasi sudah satu jam berada di suhu kamar.

Menyimpan nasi di dalam kulkas bisa membuat nasi bertahan lebih lama sekitar satu ata dua hari. Tapi perlu diingat bahwa menghangatkan nasi sebaiknya tidak dilakukan lebih dari satu kali.
by Chalista Tamara
Sabtu, 08 April 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X