Jumat, 03 Maret 2017

Kenapa Seorang Anak Sulit Mengatakan Sayang Pada Orang Tuanya?

Ilustrasi (Foto : Neamb.com)

Mengungkapkan kasih sayang tentu akan membuat siapa saja merasa bahagia. Termasuk saat seorang anak menyatakan kasih sayangnya pada sosok orang tua. Tapi ternyata masih banyak anak yang tidak terbiasa atau sulit mengungkapkan ungkapan sayang pada orang tua mereka.

Ada beberapa alasan mengapa seorang anak sulit mengatakan atau mengungkapkan sayangnya pada orang tua. Yang pertama karena kebiasaan keluarga yang tidak ekspresif. Mengungkapkan rasa sayang dari anak ke orang tua menjadi hal yang tidak dibiasakan dalam keluarga.

Bisa juga karena si anak merupakan seorang introvert. Anak yang introvert akan sulit mengungkapkan atau mengekspresikan perasaannya. Hal ini diungkapkan oleh seorang psikolog, Anna Surti Ariana, MPsi.

Anna mengatakan sulitnya seorang anak menyatakan sayangnya pada orang tua memang hal yang wajar, hanya saja akan lebih baik jika anak dilatih untuk mengungkapkannya karena dapat memuat hubungan anak dan orang tua menjadi lebih harmonis.

Banyak cara yang dapat dilakukan anak untuk mengekspresikan perasaan sayangnya pada orang tua jika memang sulit dinyatakan dalam kata-kata. Anak bisa membawa bunga, membuat kue atau merekam suara.

Ketika anak melakukan hal tersebut, mereka harus benar-benar mengingat orang tuanya agar menjadi ekspresi cinta yang sebenarnya.
by Chalista Tamara
Jumat, 03 Maret 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X