Rabu, 29 Maret 2017

Kenapa Selalu Ada Bunga Melati Dalam Pernikahan Adat Jawa?

Ilustrasi (Foto: bibitbunga.com)

Bunga melati kerap kali menjadi hiasan bagi pengantin yang menikah dengan menggunakan adat khas Indonesia, khususnya Jawa dan Sunda.

Bukan hanya hiasan pengantin, bunga melati juga sering dijadikan dekorasi ruangan, namun pada adat Jawa, bunga melati menjadi satu kesatuan dalam tradisi.

Salah satu yang sering kita lihat dalam pernikahan Jawa adalah ronce melati. Bunga ini ternyata bukan hanya dibuat untuk hiasan semata namun juga menyimpan makna dan sejarah tersendiri. Karena inilah bunga melati menjadi bunga wajib pada dalam pernikahan.

Pemakaian melati dalam upacara pernikahan juga tak lepas dari makna di balik bunga tersebut. Bunga melati melambangkan kesucian, keanggunan dan ketulusan.

Meski bunga ini memiliki ukuran yang kecil, namun aromanya amat semerbak yang menjadikan bunga ini sebagai lambang keindahan dalam kesederhanaan dan kerendahan hati.

Sedangkan dalam sejarah, buga melati kabarnya kerap kali dikaitkan dengan Haryo Panangsang, sosok ksatria yang pantang menyerah yang menggunakan ronce melati pada kerisnya.
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X