Minggu, 05 Maret 2017

Jangan Anggap Sepele, Kencing Dalam Kolang Renang Ternyata Berbahaya

Ilustrasi kencing dalam kolam renang (Foto: Savagehenrymagazine.com)

Hayo, siapa yang pernah buang air kecil dalam kolam renang? Hal tersebut tentu saja tidak ada yang tahu kecuali diri kita sendiri. Tapi, Anda harus tahu kalau buang air kencing di kolam renang sangat berbahaya.

Pasalnya air kencing dan zat kimia dalam kolam renang akan bercampur dan menjadi senyawa berbahaya yang bisa merusak kesehatan. Dua zat berbahaya yang dihasilkan saat kita buang air kecil di dalam kolam renang disebut volatile disinfection bodyproduct.

Zat yang pertama adalah zat cyanogen chloride yang berbahaya bagi tubuh manusia jika dihirup. Sedangkan zat yang kedua adalah zat zat trichloramine, yaitu zat yang dapat menyebabkan kerusakan paru-paru.

Ternyata bukan hanya air kencing yang dapat membahayakan manusia jika bercampur dengan klorin. Menurut ilmuwan, keringat dan zat lainnya dapat menimbulkan kontaminasi kolam renang.

Masih banyak masyarakat yang menutup mata bahwa kencing di dalam kolam renang memiliki dampak yang besar bagi kesehatan. Mereka menganggap hal tersebut bisa diterima, padahal sudah banyak peringatan untuk menjaga kebersihan kolam.

Penelitian terbaru menjelaskan bahwa asam urat bisa menjadi gejala awal dar cynagon chloride dan trichloramine.

Bahkan yang paling mengejutkan adalah penelitian yang dilakukan tahun 2010 lalu mengungkapkan bahwa disinfektan yang dihasilkan oleh air kencing manusia dapat menyebabkan terjadinya mutasi genetik.
by Chalista Tamara
Minggu, 05 Maret 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X