Selasa, 07 Maret 2017

Ajaib, Di Bendungan Ini Air Justru Mengalir ke Atas

Bendungan Hoover (Foto: Youtube)

Bendungan adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air sehingga akan menjadi danau, waduk, atau digunakan untuk mengalirkan air ke sebuah pembangkit listrik tenaga air.

Adalah Bendungan Hoover, bendungan di Black Canyon sungai Colorado di perbatasan antara negara bagian Arizona dan Nevada. Bendungan ini merupakan fasilitas produsen listrik terbesar di dunia.

Konstruksi di bendungan ini ciptakan aliran udara ke atas yang memungkinkan air untuk bisa mengalahkan gaya gravitasi. Jadi, bukannya mengalir ke bawah, air justru mengalir ke atas dan terbawa oleh angin.

Video yang diunggah oleh Leslie Hutchings memperlihatkan ia berdiri di puncak tembok bendungan dan menuangkan air dalam botol yang dipeganggnya. Bendungan ini membuktikan betapa kuatnya hembusan angin sehingga air yang ditumpahkan Leslie justru malah mengalir ke atas.

Bendungan Hoover ialah bendungan lengkungan gravitasi beton, yang artinya pondasi bergantung pada gravitasi untuk menahan keseluruhan struktur bagunan agar tidak terjatuh. Bendungan ini mempunyai tinggi 221 meter dan beratnya 6,6 juta ton.

by Fasya Zulfah
Selasa, 07 Maret 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X