Krokodil, Narkoba Yang Ubah Pecandunya Jadi Zombie

Rabu, 15 Februari 2017
Pecandu krokodil (Foto: Viral4real)

Fotografer asal Italia bernama Emanuele Satolli baru-baru ini mempublikasikan foto-foto yang menunjukkan dampak berbahaya dari salah satu jenis narkoba yang disebut Krokodil. Obat ini bisa mengubah pecandunya jadi seperti zombie.

Setelah pemerintah Rusia memperketat larangan akan obat-obatan, banyak pecandu heorin terpaksa membuat obat dengan dosis yang lebih tinggi yang mengandung Desomorphine dan bahan-bahan lain yang tidak diketahui. Obat itu sekarang disebut Krokodil.

Berbeda dengan pecandu heorin yang memiliki harapan hidup empat sampai tujuh tahun, pecandu krokodil hanya memiliki harapan hidup satu sampai dua tahun. Faktanya obat ini telah menewaskan ribuan pecandu di Rusia dan Eropa Timur. Selain itu, efek obat ini lebih mengerikan dibandingkan dengan obat lainnya.

Nama Krokodil terkenal karena efek obat ini yang membuat kulit pecandunya jadi bersisik dan membusuk. Dilansir Viral4real, Sergev Agakalov, seorang ahli narkotika asal Rusia mengatakan, "Seorang pecandu berubah jadi zombie dengan tubuhnya membusuk, dan bau busuk yang tercium sampai beberapa langkah."

(Foto: Viral4real)

Pengguna yang menggunakan obat ini secara berlebihan bisa membuat kulitnya bersisik dan mengikis jaringan otak dan organ vital lainnya.

Lalu apa itu Krokodil?

Desomorphine atau dikenal dengan nama Krokodil merupakan turunan opioid kodein. Seperti heorin dan opoid lainnya, obat ini memiliki efek penenang dan analgesik, sangat adiktif, serta membahayakan.

Krokodil sudah ada di Rusia sejak tahun 2002 lalu dan mulai menyebar setelah itu. Pada tahun 2013, obat ini sudah mulai masuk ke wilayah Amerika Serikat.