Di China, Pohon-Pohon 'Diberi Makan' Nasi, Alasannya Mengejutkan!

Jumat, 10 Februari 2017
Pohon diberi makan nasi (Foto: CGTN)

Tumbuhan seperti pohon pada dasarnya tidak membutuhkan makanan, mereka bisa hidup dan tumbuh dengan menyerap sinar matahari, karbon dioksida, air, dan nutrisi dari dalam tanah.

Namun di sebuah desa di China, pohon-pohon suka diberi makan nasi oleh warga lokal. Penduduk setempat di Prefektur Autonom Enshi Tujia dan Miao yang terletak di Provinsi Hubei, suka menjalankan tradisi memberi makan pohon dengan nasi yang diselenggarakan setiap tahun, biasanya pada saat musim panas dalam kalender China.

(Foto: CGTN)

Tradisi ini sudah berlangsung sejak ratusan tahun silam, di mana banyak warga yang percaya kalau pohon akan berkembang dan menghasilkan buah yang lebih bagus jika seandainya diberi makan nasi.

Untuk memberi makan pohon dengan nasi, warga setempat akan memulainya dengan mengupas sedikit bagian batang pohon dengan sabit dan kemudian menempelkan nasi pada bagian batang pohon yang sudah dikupas.

(Foto: CGTN)

Bagi warga setempat tradisi aneh ini dianggap bisa membawakan berkah yang lebih banyak. Tapi bagi orang luar, tradisi ini dianggap sangat aneh dan sebenarnya tidak perlu dilakukan.

Banyak orang dari luar yang beranggapan kalau pohon tidak perlu diberi makan dengan nasi karena mereka bisa bertahan hidup sendiri dengan mengandalkan alam.

Menurut kamu bagaimana?