Senin, 27 Februari 2017

Batang Pohon Langka Ini Dijual Seharga Rp 4,5 Miliar, Tapi Ternyata...

Phoebe zhenna palsu (Foto: Shanghaiist)

Keberuntungan bisa didapat dengan cara yang benar-benar licik. Seperti pria asal China ini yang kaya mendadak berkat sebuah batang pohon. Memang terlihat biasa-biasa saja, tapi batang pohon ini diklaim sangat langka dan memiliki harga yang tinggi.

Melansir laman Shanghaiist (27/2/2016), pria bermarga Lin itu membeli sebuah batang pohon tua seharga $40 (Rp 533.000) tiga tahun lalu. Namun ia jual kembali batang pohon tersebut dengan harga 42.000 kali lipat dari harga aslinya atau sekitar $343.537 (Rp 4,5 miliar).

Lin mengklaim kalau batang pohon langka tersebut merupakan jenis Phoebe zhennan, spesies pohon besar yang tumbuh di Provinsi Guizhou, Hubei, dan Sichuan. Kayunya begitu berharga dan hanya kaisar China saja yang bisa menggunakannya.

Tak hanya itu, Lin juga mengklaim kalau kayu ini juga digunakan untuk membangun pondasi Kota Terlarang. Kaisar Dinasti Ming dilaporkan juga memiliki singgasana dan kamar tidur yang terbuat dari kayu ini.

Sekarang, pohon jenis ini berada di bawah perlindungan nasional dan memiliki harga 8.000 kali lebih mahal dibandingkan dengan kayu biasa.

Namun ternyata, semua perkataan Lin hanyalah kebohongan, Batang kayu yang ia jual bukan Phoebe zhenna asli. Dia memalsukan sertifikat keaslian pohon tersebut untuk mengelabui pembeli.

Akan tetapi, batang kayunya sudah laku terjual dengan harga yang sangat mahal. Pembeli yang merasa ditipu sudah melaporkannya ke pihak berwenang. Kini Lin berhasil ditangkap pihak kepolisian.
by Fajar Lesmana
Senin, 27 Februari 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X