Sabtu, 21 Januari 2017

Kenali Ciri-Ciri Alat Pembayaran EDC Yang Ada Skimmernya

Mesin EDC (Foto: Brightside.me)

Di zaman modern ini, melakukan pembayaran saat bertransaksi semakin mudah saja. Contohnya saja di minimarket di mana kita bisa melakukan pembayaran dengan satu kali gesek menggunakan kartu debit atau kredit pada mesin EDC (Electronic Data Capture). Tapi hati-hati, tak semua mesin EDC itu aman digunakan.

Banyak orang yang menjadi korban kejahatan karena informasi kartu debit atau kredit mereka berhasil dicuri oleh para hacker. Salah satu cara hacker untuk mencuri informasi kartu Anda adalah dengan menaruh skimmer pada mesin EDC. Jika ada skimmer dalam mesin EDC, maka informasi kartu Anda bisa dengan mudah dicuri.

Terlebih lagi sulit sekali membedakan mana mesin EDC asli dan yang palsu. Pasalnya mesin EDC yang ada skimmer dan yang tidak hampir sama percis. Tapi jangan khawatir, produsen terminal kartu kredit Ingenico baru-baru ini mengeluarkan panduan tentang cara mengidentifikasi skimmer pada mesin EDC standar seperti Ingenico iSC250.

Walau di Indonesia mesin EDC yang digunakan berbeda-beda, tapi panduan ini bisa saja jadi penilaian bagi pengguna kartu kredit atau debit agar lebih berhati-hati. Langsung saja, simak ulasannya di bawah ini yang dilansir Wow Menariknya dari Brightside.me.

1. Bagian terminal EDC lebih besar dari normalnya


(Foto: Brightside.me)

Sebuah skimmer biasanya harus lebih panjang dan lebar dari terminal EDC pada umumnya. Seperti tampak pada gambar di atas, ketika kartu yang dimasukkan ke dalam skimmer lebih panjang lagi, tapi jika EDC yang asli, kartu yang dimasukkan tidak akan terlalu panjang.

2. Skimmer tidak memiliki warna tombol yang cerah


(Foto: Brightside.me)

Warna tombol EDC yang asli biasanya lebih cerah dibandingkan dengan mesin EDC yang ada skimmer nya. Warna tombolnya biasanya tampak tidak cerah dan kusam.

3. Sering terjadi error atau kesalahan saat kartu digesek


(Foto: Brightside.me)

Jika ketika kartu debit atau kredit Anda digesekkan pada mesin EDC, dan malah sering terjadi error atau kesalahan, bisa saja mesin EDC itu ada skimmernya. Hal itu dikarenakan medan magnetik yang digunakan untuk memindai data terputus sehingga sering terjadi error.

Itulah beberapa ciri untuk membedakan mana skimmer dan mesin EDC asli yang wajib Anda ketahui. Setidaknya Anda harus hati-hati jika uang Anda tidak ingin dicuri.
by Fajar Lesmana
Sabtu, 21 Januari 2017
Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
X